Skip to main content

Piala Adipura 2008

Abis jalan jalan keliling Indonesia, iseng iseng gue pengen ngasih 'penghargaan' khusus buat bapak-bapak pemkot yang telah berjuang untuk menyejahterakan penduduk kotanya dengan memberikan "Piala Adipura ala Bubba" edisi tahun 2008 kepada lima kota terbaik di Indonesia. Piala Adipura ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap lima kriteria tolok ukur kebersihan yaitu:
- Kebersihan toilet bandara.
- Keramahan supir taksi dan kebersihan interior kendaraannya
- Keindahan kota dan kebersihan trotoar jalan.
- Kenyamanan berkendara di jalan
- Kenyamanan dan kebersihan kamar hotel.
- Kebersihan kamar panti pijat/club/cafe/tempat dugem favourite, hehe.

Alhasil, setelah menimbang, menyimak, membandingkan dan menganalisa lebih dari dua belas kota di Indonesia, berikut :

Palembang
Piala Adipura Utama tahun ini jatuh ke kota Palembang. pertama kali dateng ke kota ini gue langsung seneng pada detik pertama turun dari pesawat terbang. Airportnya keren banget, rada mirip-mirip sama Brisbane Airport di Queensland. dibangun untuk menyambut pekan olahraga nasional (PON) entah taun berapa, sampai saat ini masih berada dalam kondisi superb. toilet bandaranya terawat dan bersih. keluar dari arrival hall cukup easy, orang ngga berebutan mobil karena ada tempat drop off dan loading in yang nyaman.

Trus disana jalannya lebar-lebar, mungkin harga aspal cukup murah disana - sama murahnya dengan harga listrik karena jalanan cukup terang benderang kalau malam. trafficnya pun rapi, orang-orang gak pada selonongan sana sini. beda banget sama Pekanbaru, yang sekelas sama Palembang tapi trafficnya parah abezz! Buat Akomodasi, di Palembang ada 3 hotel yang bisa dipilih, ada Novotel, Aston dan Horison. tiga tiganya bangunan baru, bukan renovasi dari gedung lama. Keliling kota, jalan dan trotoarnya bersih. fasilitas kota banyak yang baru, termasuk stadion olahraga yang keren abis. makanan juga enak enak, tapi ikan semua, atau produk ikan olahan. empek empek melulu, ampe bosen.

Nah, cuman sayangnya kota ini beneran kota bisnis, bukan kota hiburan. kaga banyak tempat rekreasi disini. paling banter foto foto di jembatan ampera buat ngisi albumnya facebook. tempat dugem dikit banget, paling cuman ada di Novotel, itu pun tutup di weekdays (gile ye!). gue heran kenapa hugo's group kok invest di Pekanbaru bukannya di Palembang. nyari taksi juga susah, boro boro yang bersih, tampanya juga pada nyeremin gitu. walaupun demikian, panti pijetnya oke oke, coba ke Hotel Princess dan keliling di kompleks pertokoannya. bersih. sehat :)

Balikpapan
Awalnya begitu dapet assignment ke Balikpapan, dua hal yang nyangkut di otak gue: kota minyak dan pedalaman kalimantan. hohoho, bayangan gue isinya rig drilling sama suku dayak nari nari. eh, begitu nyampe ternyata ekspektasi gue salah besar. Balikpapan tu udah sangat modern kayak Jakarta, tapi cuman Jakarta selatannya doang. gak pake Jakarta yang lain, sorry ya bukannya mau diskriminatif tapi emang jakarta yang lain pada ruwet sih :) eniwei, walaupun masih pake gedung lama bandaranya sangat bersih dan terawat. lumayan lah kalo lo pake flight pagi dan lo kaga sempet boker di Cengkareng, lo bisa boker-boker disini dulu. silakan.

Hotel yang masuk itungan cuman satu: Le Grandeur. tapi jangan kuatir, kamarnya banyak so ente ente yang pada kebelet kaga perlu rebutan. Jalan jalan di kota Balikpapan cukup nyaman, jarang ketemu perempatan. selain mirip Jakarta Selatan, agak kepinggir kota dikit ada daerah namanya Balikpapan Baru, nah yang ini mirip banget sama Kota Wisata di Cibubur. sumpah plek ketiplek mirip, mungkin bikinnya tinggal di copy paste aja. hm, kalau cari makanan rada repot karena jarang ada makanan khas, isinya orang jawa semua jadi makanannya makanan jawa. satu doang makanan khas yaitu Kepiting Kenari, tadinya gue pikir sejenis kepiting raksasa yang sering mangkal di Canary Island, taunya nama restorannya "restoran kenari", bokis dah.

Dunia malam di Balikpapan cukup seru kalo udah punya 'channel'nya, kalo gak kenal sapa sapa sih mending diem aja di hotel. yang keren itu ada cafe di pinggir laut, entah lupa namanya apa. tempatnya di komplek pertokoan ruko ruko gitu deh. trus ada lagi restoran atau cafe apa ya? di pinggir laut juga, jauh dari kota ke arah samarinda. sebelum sampe penangkaran buaya. disana ada orang gila yang 'beli' tanah beserta pantai pantainya. trus dibikin cafe. banyak expat nongkrong disana, maklum, gue kan seleranya expat :p

Semarang
Kenapa Semarang masuk sini ya? bentar bentar... oh, ya soalnya disana ada Java Cafe dan Kafe Hitam Putih! hohoho... apa? udah bubar? yang bener aja! hihihi, iye jadul banget seh. seriously, selain karena Semarang adalah tanah air sahabat gue, Semarang mendapat Adipura Madya karena memang jalan jalan di Semarang itu nikmat betul. makanannya enak enak, ada kerang goreng, ada sate sapi pak kempleng, ada sego ayam simpang lima, wuih macem macem deh. sampe bandeng pun bisa dibikin duriless dan rasanya tetep enak. kalo hawanya rada panas, bisa 'naik' sedikit ke semarang atas. kalo kedinginan ya 'turun' ke simpang lima. enak toh? jarang jarang gue liat ada kota yang hidup di 'dua alam' gini. alam maya dan alam indah hehe *teuteup*.

Okeh, coba kita review: Airportnya bangunan lama rebutan sama AURI, tapi disini letak kenikmatannya... Bandaranya terletak di tengah kota! jadi enak kalo mau buru-buru meeting, berangkat dari Jakarta jam 6, sampe Semarang jam 7, miting jam 8, selesai jam 12, makan siang di nggombel, trus turun ke 'Matsuri' pijet sebentar, jam 4 udah di bandara siap balik lagi ke Jakarta. ya kan? coba di Banjarmasin, dari bandara ke kota butuh 1,5 jam. bolak balik udah 3 jam. gak asik kan?

Ber-vampire-ria disini juga seru, bisa berdendang-ajojing ria di Hugo's. buat gue outlet di Semarang ini lebih seru dibanding Hugo's Jogja, but lets put aside persaingan latent antara Jogja dan Semarang disini ya? hehehe. Stey, if you have other opinion feel free to comment ya :) Trus apa lagi? Hotel! rekomend hotel di Novotel, karena masih baru banget. Hotel Gumaya di Jl. Gajah Mada juga baru dan bagus, tapi mereka belom punya hospitality experience seperti Novotel. Horison juga bagus sih, tapi sempit. Grand Candi keren banget tapi 1) bangunan lama dan 2) jauh dari mana mana. ehm, kalo mau mabu mabu'an ya di Hotel Ciputra, adjacent to Hugo's yang tadi. tapi ketara mupeng banget ga sih?

Bandung
Tadinya gue menimbang nimbang 2 kota di posisi ke empat ini. antara kota Malang dan kota Bandung! dua duanya sama sama enak. udaranya dingin, makanannya enak-enak, cewenya... legit-legit! halah, bahasanya.. tapi akhirnya Bandung melesat jauh mengungguli rekannya karena ada: Ozon dan Aquatiq! haha.. buat urusan yang satu ini memang Malang masih 'primitif' dan terlihat sangat haus akan investasi. kalo mau dugem-pun yang oke cuman Bale Barong, tempat yang sama waktu gue menjajah Malang tujuh tahun yang lalu. ck ck ck. eve, apakah benar Bandung lebih baik dari Malang? please confirm, hoho

Niwey, gue selalu impressed every time I went to Bandung. it's like every sight has its magic. menyihir gue kedalam alunan keindahan. terlepas dari ketermacetan lalu lintas yang menyebalkan dan konsistensi sulitnya mencari akomodasi dari dulu sampe sekarang, Bandung selalu menjadi tujuan favourite gue. malah sebenarnya walaupun itungannya gak muat, event apapun gue paksain ada disini dengan segala cara, hehe. abis enak sih. dua hal yang paling menyebalkan itu dapat diatasi dengan mudah kalo pake fasilitas kantor :) namun, memang sulit menentukan mau nginep dimana, karena hotelnya juga enak enak bersih bersih. gue sih rekomend 2 hotel disini: Hotel Malya di Rancabentang dan Aston Bandung di Braga. kalau mau cari ketenangan silakan pilih hotel pertama, kalau mau cari kesenangan silakan ke hotel kedua :)

Denpasar
Nah ini dia, kota terbaik versi pilihan pembaca. dan akhirnya gue masukin nominasi dan... menang! Coba kita lihat, bandaranya kualitas internasional. aman mantab terkendali, akhir akhir ini malah penuh dengan pasukan bea cukai yang nungguin drug trafficker macam spg nungguin pembeli. dan di tempat parkirnya udah ada starbucks aja donk! huhuw, keren.

Lalu-lintasnya engga pernah macet, kecuali di simpang siur yang macetnya ridiculous banget dah. trus masyarakatnya senang sekali menjaga kebersihan daerah sekitarnya. malu dah kalo buang sampah sembarangan. bukan itu aja, mereka kalo bikin kota itu gak mau asal asalan. selalu dihias, selalu indah. up to date! bahkan dengan jalan jalan keliling kota aja mata ini udah terpuaskan lahir batin oleh pemandangan. cuman sayangnya makanan disini jarang ada yang enak, kalo mau makanan enak harus mahal. huuhuu, beda dengan tetangganya Jatim dan Lombok, makanannya malah enak enak. tapi untungnya karena disini adalah daerah tujuan wisata, kehidupan malamnya superb! bahkan bersendal jepit pun masih bisa dugem dugem ria. kalo di Jakarta udah dilempar ke jalan tuh.

Untuk info lebih lanjut tentang denpasar dan sekitarnya, silakan klik disini.

Demikianlah Sodara Sodara sekalian. pengumuman pemenang Piala Adipura ala Bubba 2008. semoga kota kota yang lain segera bersaing untuk memperebutkan Piala Adipura TAHUN 2009!

Wassalam.
p.s: kalau ada kota terbaik, ada juga donk kota terburuk :) selamat membaca

Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

Altis versus City? lho kok? kan beda, yang satu kelas city car yang satu kelas mid size sedan. ya, inilah anomali itu. kalau kita lihat dari segi budgetnya, kedua mobil itu bisa keliatan in par. kalo dulu dulu, beda kelas mobil selalu beda features-nya. biar gimana gimana Toyota Starlet memang tidak bisa dibandingkan dengan Toyota Corolla, apalagi ke Corona, ke Crown, dan seterusnya. pun begitu dengan jajaran mobil honda, Civic sama Accord gak akan bisa sama. tapi sejak munculnya City, peta permainan pun berubah.

Civic taun 2001 sekarang beda harganya tipis sama city taun 2003. rata rata kilometernya mirip mirip. stamina mobilnya juga saat ini hampir sama. urusan space, memang civic lebih lega, tapi teknologi? city unggul karena udah pake transmisi CVT. konsumsi BBM jadi lebih irit, tenaga ter-multiply dengan baik. apalagi taun 2004 udah keluar City versi VTEC-nya, padahal beda cc-nya cuman terpaut 100cc.

Tahun ini, persaingan antar kelas jadi makin irrelevant antara city car dengan mid…

nyari mobil itu susah

Udah setaun gue ngimpi beli mobil baru. sebenarnya nothing's wrong with my previous car. dia cantik, lincah, dan tidak pernah rewel. kecuali waktu akinya soak dan ternyata udah setaun gue telat ganti aki.. haha pantesan. mobil gue dulu itu bebas depresiasi, belinya segitu ya jualnya lagi segitu. nikmat kan? cuman masalahnya keluarga kecil gue udah menuntut space yang lebih luas lagi kalo mau jalan jalan. apalagi jalan jalan keluar kota; kopernya Bunga aja DUA! belom strollernya, trus koper gue ma bini gue satu, trus belom lagi kalo pulang pasti ada aja belanjaan yang musti dibawa. wuih! pernah gue ke bandung sampe pulangnya gue gak bisa liat spion :D

Akhirnya datanglah kesempatan buat ganti mobil kesayangan yang kecil dan imut itu. sebenernya rasanya sayang sih, tapi si pembeli bolak balik bilang: "gak papa, kan dapet yang lebih bagus". ahak! maca cih? ternyata mencari mobil yang lebih bagus dari mobil gue yang lama itu cukup susah dan menyebalkan.

Pilihan pengganti mobil …

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

beuh! sangar gak tuh? jarang jarang ada blog yang bikin komparasi pesawat terbang, gue aja ampe ngeri ngebaca judulnya. takut orang boeing dateng kesini trus ngecek ngecek, trus naro komen :p lebay..

hehe, sante aja lah. ini kan cuman ngecap ngecap daripada blog gua dibilang ga aktip.

kebetulan beberapa waktu silam gue dapet kesempatan travelling naik pesawat mid-size baru itu. terus terang gue bangga loh sebagai orang indonesia, bangsa kita ini termasuk pembeli pertama kedua pesawat lansiran amerika itu. walopun duitnya dapet dari investasi asing tapi yah, kan demi perekonomian bangsa juga. ngga tanggung tanggung loh, ada maskapai yang capnya singa itu sekaligus beli 178 unit 737-900ER! bukan mercy loh, ini pesawat terbang! kalo dijejerin dari cengkareng bisa nyampe ke blok m kali yah. dan juga maskapai nasional kita taun ini beli sekaligus 50 biji 737-800NG. wow, impressive!

kesan pertama masuk 737-900ER adalah sleek, sophisticated, dan... adem! suer ac-nya adem banget rasanya kayak ma…