Skip to main content

Posts

Showing posts from 2009

catatan akhir tahun

pekerjaan gue banyak berkaitan erat dengan hal lelang melelang, bidding membidding, tunjuk menunjuk pihak ketiga. system di setiap organisasi pada intinya menekankan perlunya pelelangan agar mendapatkan hasil pekerjaan terbaik dengan biaya semurah murahnya. namun pada prakteknya ada saja organisasi yang malah mendapatkan hasil pekerjaan ter-asal dengan biaya semahal-mahalnya.

prosedur lelang memang dibuat sedemikian rupa agar fair bagi kedua belah pihak, atau setidaknya terlihat fair bagi yang melihatnya. namun kita perlu mengingat satu hal tentang lelang ini: prosedur pelelangan itu memakan waktu. ya! ribet dan bertele tele. sementara para audience menuntut aliran scene berjalan secara flawless. membuat kita semua menjadi gregetan. lalu kesalahan kesalahan diungkit ungkit, diundat undat. padahal sebenernya solusinya gampang loh, kalo misalnya buru buru.. ya tunjuk aja langsung, kasih brief, mulai kerja. beres toh?

menghitung nilai proyek adalah permasalahan berikutnya yang membuat cenu…

copy paste (lagi) dari milis engga penting

sebuah email muncul di milis engga penting, setelah gue baca, gue analisa, dan gue pikir pikir... kayaknya gue harus masukin di artikel gue ini.
hal ini sangat penting bagi kita semua, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan di saat saat penting seperti ini. oke? baiklah, coba dibaca:

Teman, jika kalian rata2 sedang berbagi kebahagiaan, maka
maafkan saya jika kali ini saya berbagi lelah. Gimana
nggak capek...malam ini saya sebetulnya selesai kerja jam
11 malam, tapi baru bisa pulang jam 3 malam. Apa sebab?

Begini ceritanya.
Sekitar jam 11 malam, ada tamu yang panik minta
dipanggilkan dokter. Jantung saya 'mak ceplos' rasanya
karena tamu yg satu ini sudah tua. Takutnya dia kena
serangan yg cukup fatal. Tapi waktu saya tanya ada apa,
dia gak mau cerita. Hanya dengan panik terus-terusan minta
dipanggilin dokter segera. Dokter akhirnya muncul juga jam
setengah satu malam, bawa peralatan lengkap.Malah sampe
susternya bawa2 tabung oksigen segala, mengingat usia tamu
yg udah renta. (kali2 …

di bulan desember 2009

ternyata mendalami isi resolusi dan mewujudkan tekad itu susah ya? gue pengen nulis blog ini lebih rajin lagi tapi apa yang terjadi? seminggu gak nulis nulis, haha.

well, gue pengen apdet apdet aja deh... banyak yang pengen banget gua apdet, mari kita review satu satu.. hehe

1. Bunga mau punya adik lagi. woohoo! senangnyah. sekarang job desk gue nambah satu lagi tiap malam, mijeti boyok bojo. hehe, kasian kan. hamil itu melelahkan lho. beneran deh. emm, gw sekarang lagi cari cari nama buat adiknya Bunga, kira kira siapa ya? usul gue sih dikasi nama Fulan, bagus ga? si Bunga dan si Fulan

2. istriku yang manis sekali memberi kado ulang taun berupa seperangkat blackberry 9700, uhuy! cenangnyah.. dibandingkan bold 9000 memang banyak keunggulan-keunggulan yang baru di seri ini, kameranya lebih bagus, 3.2mp dengan software baru yang mereduksi noise dan punya fasilitas auto fokus lebih keren. buat pengguna nokia dan SE jangan ketawa dulu ya, bebe emang teknologi kameranya rada 'ndeso' h…

buka semangat baru

ya ya ya... gue tau gw udah lama gak nulis disini. beuh, dari oktober yak? brarti udah dua bulan lebih gue gak nulis. hehehe. sempet kepikiran sih buat nutup aja blog gak nggenah ini, dan menggantinya dengan blog yang lebih nggenah. tapi masalahnya gue bukan tipe tipe orang yang rajin mengukir website. jadi pastinya lebih acakadut dari yang ini. jadi ya.. serahkan saja semuanya kepada blogspot lah. habis perkara.

gue terbius sama microblogging. yes. plurk dan twitter adalah virus kotor yang mempecundangi semangat para blogger sekalian untuk memperkarya diri. mengejawantahkan 'keindahan' pikiran dalam tulisan tulisan yang menghibur pembacanya. dan mempersempit dunia ini sebatas 140 karakter. tapi ya mau gimana lagi, wong enak je. singkat cepat padat, bles bles bles langsung jadi. banyak yang komen. ya kan? *gambar alis tuing tuing*

jadi ceritanya gue terinspirasi sama mbak chika dan non tikabanget yang mengajak kita membuka semangat baru. semangat ngeblog! horeee. sepertinya ini …

maap lahir batin

engga terasa udah ketemu lebaran lagi yaw? hihihi. blog gue sangat tidak produktip yak? kayaknya baru beberapa posting tau tau udah lebaran lagi. inget gak posting gue yang ini? hahaha... dan dari 5 wishlist itu, baru terealisasi beli blekberi doang, yang laennya angus! hoho.

maap lahir batin yeee, bapak bapak ibu ibu, eneng eneng encang tante, oom, embah, pakdhe sekaliyan. gue tau sih gue banyak salah. tapi males menta maapnye! jadi dikumpulin aja setaun trus abis lebaran gini gue mintain ke elu elu pada. praktis kan ya? hoho, maapkan saya.. maapkan saya...

eniwei, liburan gue kemaren sungguh menyenangkan!

gue baru mudik di lebaran hari ketiga :) jadi gue masih merayakan jakarta yang lengang dan damai. woohoo. jadi terjawab sudah siapa yang membuat macet jakarta selama ini. hehe. becanda. truuus, iya gue jalan jalan ke malang. pengen nyoba naik pesawat langsung kesana. harga tiketnya lebih mahal cepek ceng sih, tapi kaga lewat lumpur lapindo. dulu masih ada mandala dari jkt ke malang, t…

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

beuh! sangar gak tuh? jarang jarang ada blog yang bikin komparasi pesawat terbang, gue aja ampe ngeri ngebaca judulnya. takut orang boeing dateng kesini trus ngecek ngecek, trus naro komen :p lebay..

hehe, sante aja lah. ini kan cuman ngecap ngecap daripada blog gua dibilang ga aktip.

kebetulan beberapa waktu silam gue dapet kesempatan travelling naik pesawat mid-size baru itu. terus terang gue bangga loh sebagai orang indonesia, bangsa kita ini termasuk pembeli pertama kedua pesawat lansiran amerika itu. walopun duitnya dapet dari investasi asing tapi yah, kan demi perekonomian bangsa juga. ngga tanggung tanggung loh, ada maskapai yang capnya singa itu sekaligus beli 178 unit 737-900ER! bukan mercy loh, ini pesawat terbang! kalo dijejerin dari cengkareng bisa nyampe ke blok m kali yah. dan juga maskapai nasional kita taun ini beli sekaligus 50 biji 737-800NG. wow, impressive!

kesan pertama masuk 737-900ER adalah sleek, sophisticated, dan... adem! suer ac-nya adem banget rasanya kayak ma…

antara bubba dengan asuransi jiwa

alkisah seorang bubba sedang mencari polis asuransi jiwa yang sesuai dengan dirinya. hehe, bukannya gaya gayaan.. gue merasa perlu punya perlindungan yang memadai buat diri gue. soalnya gue tu kan sering bepergian kesana sini ya, kan kalo ada apa apa -misalnya pesawatnya jatoh, atau kapalnya tenggelem, atau ditikam sama mucikari yang ngerasa duitnya kurang- kan nanti anak bini gue ntar makan apa? berangkat dari sinilah gue ngerasa perlu punya asuransi jiwa.

secara gitu ya, mobil gue tu udah diasuransi kumplit. the whole risk lah. tapi nyawa gue ternyata belom diasuransiin. jadi kalo tabrakan ancur parah gitu, mobil gue diganti tapi gue-nya enggak. nah kan? sepertinya ada yang salah...

padahal ya, setelah gue browse sana sini, kalo diitung itung asuransiin jiwa gue tu berkisar antara Rp 4,000an per hari. lebih murah dari makan siang gue toh? tapi emang selama ini gue membuat prioritas asuransi di nomor tuju dalam daptar finansial gue. jauh dibawah prioritas mijet dan mabu-mabu'an.

oke…

hari ini setahun yang lalu

hohoho, tidak.. gue engga bikin cerita tentang berpulangnya papi taun lalu. belum.

gue mau cerita, hari ini tepat setahun yang lalu, gue inget kalo gue waktu itu berdoa pada Tuhan. doa yang sungguh sungguh -melibatkan linangan air mata dan dengan berbagai hiasan bahasa didalamnya- waktu itu gue minta sama Tuhan berbagai macam hal. saat ini, ada yang udah dikabulkan, ada yang belum. mungkin Tuhan punya rencana yang lebih baik daripada apa yang ada di otak gue.

salah satu permintaan gue yang diapprove, adalah gue minta dijauhkan dari teman teman yang jahat sama gue. atau setidaknya yang punya pikiran jahat tentang gue. perlahan tapi pasti, hari demi hari, bulan demi bulan, satu persatu gue ditinggalin temen-temen gue dan mendapat teman teman baru.

ini artinya, kamu.. ya KAMU! adalah teman-teman terbaik gue :)

hugz donk! MUACH! hihihi...

Indonesia Bersatu

Lagi-lagi gue suka mikirin pertanyaan engga penting yang tau tau nongol di alam pikiran gue. Waktu kapan itu ngemplurk, ada pertanyaan kenapa kalo rupiah itu angka enolnya banyak banget. Bayar angkot dua ribu, bayar tebotol dua ribu. Kencing aja bayar seribu.

Di kemang ada restoran yang makanannya berharga satu juta rupiah per set untuk satu orang, kebayang dong kalo ada bule yang baru dateng ke kepulauan ini makan disitu, dia akan cerita sama temen temennya disana, I ate one million rups meal for dinner! Woohoo.. Apa gak keliyengan tu ngebayangin angka nol-nya :)

Pertanyaan timbul: kenapa gak kompakan aja sih, kita rame rame ngilangin tiga nol dibelakan duit kita masing masing? Ya gak? Kayak gerakan nasional semacam #indonesiaunite gitu. Toh buat kebaikan kita juga kan? Pemerintah dan rakyat saling bahu membahu menghilangkan skala keribetan nasional berupa angka nol. Agar bangsa kita menjadi layak disandingkan dengan bangsa bangsa lain yang currency-nya ngga ribet. Sounds good eh?

Tapi …

something for myself

This is it, I never thought that I finally would write this kind of posting before. But, I have something in my mind that need to be written. It doesn’t matter whether I like it or not, I have my own reason.

So here is the problem: I’m losing my english. I have to admit this. For some of you perhaps it is not a big deal, but for me it is personally a critical matter. You see, having capability in reading, speaking, writing and listening english language is not something that could happen any second. It needs decades of development especially for me. I’m not good in communications, it is hard for me to learn codes, structures, names, nor terms of any kind of language other than what I use in daily conversation. Yet I wanted to be able to speak it, write it, and understand what it is saying.

Not so long ago, I was just speaks person who speaks like a donkey blabbering inconsequently without hoping the opponent understands what am I trying to tell. Don’t get me wrong, I did understand engl…

sexual harrasment

tergelitik oleh rumpi rumpian pantry, gue jadi mikir betapa saat sekarang ini sering banget orang melempar issue tentang pelecehan seksual. dan seiring dengan perkembangan treatment hak asasi manusia, pelecehan dalam bentuk apapun bisa diganjar dengan hukuman setimpal. hm, bingung nih gue... hukuman yang setimpal dengan pelecehan? ngukurnya begimana?

di lingkungan pekerjaan yang mayoritas pria, adalah hal yang sangat wajar apabila para cowo cowo ini mempergunjingkan seks sebagai bahan obrolan pelepas stress. sexual joke adalah kebutuhan sehari hari dan dapat melepas tensi. sex joke bisa jadi sensitif apabila di lingkungan pekerjaan jumlah cowo ama cewenya mirip mirip, kalo ga bisa dibilang sebanding. boss yang melempar sex joke ke subordinat bisa lantas didakwa dengan tuntutan sexual harrasment. mungkin apabila ada boss yang ramah dengan rajin menjamah anak buahnya, bisa kena dakwaan lebih tinggi lagi.

dakwaan 'pelecehan seksual' menjadi monster yang menakutkan buat lelaki moder…

Honda makin mahal?

Jadi ceritanya gue terlibat dalam diskusi antar om om di taman kantor pas lagi ngerokok. celoteh sana celoteh sini akhirnya topik berlanjut seputar kendaraan pribadi. waktu gue cerita kalo baru punya Honda, mereka rata-rata merespons dengan cibiran sinis, bahwa Honda sekarang udah kehilangan akal sehat dalam menjual mobilnya. Dulu mereka menyukai Honda karena memberikan value for money lebih baik daripada Toyota atau Suzuki. dengan membayar sedikit lebih mahal, mendapatkan benefit yang lebih banyak daripada yang lain.

Saat ini, Honda sudah tidak lagi menjual mobil dibawah Rp200jt. padahal duit segitu beberapa tahun yang lalu udah bisa dapet apartment loH!

Honda City, kelas middle marketnya Honda, yang tadinya 180-190jutaan, sekarang dijual Rp. 280jt. apa engga GILA tuh?

Seorang teman salesman Honda berkilah, kan sekarang harga Yen lagi tinggi, belum lagi krismon lagi melanda dunia. jadi emang harga mobil lagi tinggi. wah, tambah penasaran dong gue. Riset dikit lah bareng Mbah Gugel. dan …

yuk menabung

buat para first-jobbers mungkin kurang begitu aware ya sama aktifitas menyebalkan yang namanya 'menabung'. apalagi buat elo elo yang masih disubsidi duit sama orang tua atau oom oom senang dan tante tante girang lainnya. mungkin masih kepikiran nabung buat beli henpon atau sekedar jalan jalan ke bali. tapi gue yakin minim deh, yang ada begitu dapet duit langsung kudu diabisin. hey, at the end of the day life is about having fun, right? :))

nah buat bapak bapak dengan pendapatan pas pasan kayak gua, mau nggak mau-suka nggak suka harus dibiasain yang namanya 'menabung' ini. kalo enggak dibiasain, bakalan kejebak utang dah. yang nyicil tipi, nyicil velg, nyicil blekberi... dst. coba liat, daripada buang uang buat bunga nyicil mendingan dapetin duit dari bunga bank buat nambah nambah duit buat beli barang barang ityuh. ya gak?

terus terang pada awal-awal bekerja gue juga bingung sih, duit gaji ini mo dipake kemana ya? buat dipake nabung, engga cukup. dipake nyicil mobil, eng…

Mini Blogging by a mini blogger :)

Lagi jalan jalan nganter Bunga perform di taman mini, liat liat sesuatu yang lucu di meja prakarya sekolahnya Bunga. Meja ini berisi hasil hasil karya murid murid sekolah yang dibikin selama disekolahan. banyak barang lucu-lucu disini, salah satunya adalah jajaran buku 'mini' yang dibuat oleh anak kelas TK yang baru belajar nulis. buku buku ini menarik perhatian karena bentuknya yang simple, cuman beberapa lembar kertas A5 yang dijepret jadi satu berbentuk buku. yang bikin lucu adalah gambar-gambar dan tulisan-tulisannya.. polos apa adanya.



Gue ambil salah satu buku paling depan. Buku ini berjudul "Pemadem Kebakar" yang mungkin artinya berkisah tentang pemadam kebakaran, bukan kisah tentang manohara ataupun cici paramida. Penulisnya adalah seorang anak namanya 'Pasha', hehe, it feels really good lhoo when you can write your own name in the first time.



Rupanya Pasha berusaha keras untuk menggambarkan truck pemadam kebakaran didalam bukunya, tapi sepertinya engga…

kalo gue jadi capres

Kalo nih, kalo sampe saya jadi capres kayak pak SBY yang ngguanteng nan kharismatik itu, wuih, pasti udah banyak orang-orang, partai, golongan yang jatuh jadi korban tipu daya saya, demi dapetin kendaraan politik yang bisa nganter saya ke pintu istana.

Langkah pertama paling penting akan saya lakukan adalah mencari cawapres dulu. iya donk, kalo gak ada wakilnya bukan presiden tu namanya, tapi sopir bis. pilot aja ada wakilnya, ya gak? nah kira kira untuk mendapatkan calon wapres yang sesuai, saya perlu menetapkan kriteria buat mereka mereka yang pantas menjadi kandidat. kalo engga, semua sodara, temen, mantan gue pasti berebutan tuh. gak asik kan? nah, berikut ini adalah kriterianya:

1. punya banyak massa, ini yang penting. soalnya biar kata ngetop tapi gue dikit banget punya massa. paling temen fesbuk, itupun ngga nyampe seribu. nha, calon wapres saya harus punya kesaktian dibidang ini. kalo engga ya percuma, mana bisa berkompetisi melawan pak prabowo dan pak kalla, ya kan?

2. cerewet, …

google maps sang pengobat rindu

Akhir akhir gue punya kebiasaan baru sebelum tidur yaitu jalan jalan keliling dunia. ha? ehem, bukan artinya gue melayang layang gak jelas gitu, tapi gue buka buka google maps lewat blekberi gue. awalnya gimana gue cuma iseng iseng liat liat jalanan jakarta trus merambah ke kota kota lain, liat liat bandung, surabaya. gak puas juga terus liat ground zero di new york, liat batu uluru, sama tembok cina.

emang asik loh ternyata mainan google maps itu. dulu waktu sebelom dihapus sama admin kantor, gue punya google earth di komputer gue. which turns out to be illegal ternyata di kantor gue yak. mainan google earth itu cukup ngabisin waktu juga. tau tau udah sore. sungguh sebuah kegiatan magabut yang asoy! keliatan kerja ama boss, padahal lagi jalan jalan.

google maps lebih mini, bisa disandang dimana mana. bisa sambil boker, sambil nunggu bis, sambil tidur tiduran. nikmat deh. apalagi sekarang ada fasilitas google latitude, jadi bisa tau dimana teman teman kita berada. gue sengaja tanem lati…

bubba dan sinetron indonesia

minggu malem, gue sama Bunga main kerumah Mami. dan kita terdampar di depan tivi nonton sinetronnya RCTI. gue engga apal judulnya, engga penting banget, tapi ceritanya tentang dewi yang kabur dari rumah karena dia selalu harus menjadi sita, sodara kembarnya. karena ditinggal kabur sama dewi, anak sipemilik rumah jadi gila. dan si dewi ini pun harus jadi cleaning service di sebuah restoran. wah pokoknya bener bener racun buat otak lo lo pada deh. gak bikin pinter, bikin bloon iya. untung Bunga gak tahan duduk lama, cuman lima menit dia langsung lari lari maenan petak umpet sama mbak suster.

lagi nonton sinetron itu, gue ngebatin.. koq ada ya cleaning service yang cantik-bersih-bersemi gitu? ada ya? trus kalo bobo juga harus pake lipstick make-up gitu? hohoho.. believe me, gak cuman gue yang punya pikiran kayak gitu. tiga orang penonton sinetron itu abisannya ngebahas topik gak penting tea dan dua orang berpendapat yang sama.

selasa pagi gue telat masuk kantor (seperti biasanya), dan buru…

objects in the rear view mirror

Hai hai! gue balik lagi :D udah lama gue gak nulis, campuran antara kerjaan seabreg, otak mampet, sama kenikmatan microblogging dan lala chachanya bikin MALESBANGET nulis deh. sebenernya gue pengen sekalian hiatus aja, tapi ntar malah keterusan berabe. dan gue gak pengen kehilangan blog kesayangan ini :)

Gue pengen cerita tentang icon gue diatas yang gue pasang dimana mana; plurk, twitter, YM, name it lah. ada yang bilang, elo doyan transformers ya bub? haha, enggak! dulu gue mending nonton godsigma daripada nonton transformers. dan gambar itu sebenernya bukan gambarnya pasukan transformers pembela kebenaran loh. bukan, lambangnya autobot rada beda! itu tu gambarnya decepticon, pasukan kegelapan. the dark side of life. the dark side of my life.

Banyak yang nggak tau tentang masa kelam gue bertahun tahun yang lalu. bahkan banyak sahabat deket gue juga ngga tau. Bini gimana Bub? well, ya disortir lah. ada yang tau ada yang engga. in certain level, I consider myself as an introvert. ya kar…

turut berduka cita

Ya Allah, lindungilah bapak yang tertera di video dibawah ini. berilah kekuatan dan ketabahan baginya, dan terimalah putrinya disisi-Mu yaa Rabb...



dan Tuhan, bila Engkau berkenan berilah petunjuk-Mu bagi keluarga para korban yang lain. dan berilah tempat bagi mereka-mereka yang Engkau panggil hari ini disisi-Mu, Ya Allah...

Honda Freed

Ini mobil lagi happening nih, di milis milis nan tiada berguna itu. Honda lagi mencoba peruntungannya di tahun yang lagi ancur ancuran gini jualan mobil compact yet seven seater. Sontak, para pengamat langsung memprediksikan pasar mobil indonesia bakalan merespons positif-agresif makhluk imut persembahan Honda ini.






Kalau diliat dari depan mengusung 'aliran' grill Honda City yg baru, tapi diliat dari samping, mungkin mobil baru ini masih berbau bau Honda Jazz. Sepintas rada rada terpengaruh garis body Mercedes-Benz B class saking jangkungnya.







Walaupun bentuknya mini-imut, tapi cukup menampung tujuh manusia duduk duduk didalemnya. bahkan, salah satu model, sanggup menampung delapan orang sekaligus. awalnya gue sangsi, apa engga empet empetan tuh? emang sih, Honda punya pengalaman unggul dengan 'Ultra Seat' system yang dipasang di Jazz. tapi sampe delapan orang?




Yes, kursi lipat! model kursi yang dilipet kesamping itu emang benar-benar menghemat ruang. dan di indonesia, mat…