Honda Freed



Ini mobil lagi happening nih, di milis milis nan tiada berguna itu. Honda lagi mencoba peruntungannya di tahun yang lagi ancur ancuran gini jualan mobil compact yet seven seater. Sontak, para pengamat langsung memprediksikan pasar mobil indonesia bakalan merespons positif-agresif makhluk imut persembahan Honda ini.







Kalau diliat dari depan mengusung 'aliran' grill Honda City yg baru, tapi diliat dari samping, mungkin mobil baru ini masih berbau bau Honda Jazz. Sepintas rada rada terpengaruh garis body Mercedes-Benz B class saking jangkungnya.







Walaupun bentuknya mini-imut, tapi cukup menampung tujuh manusia duduk duduk didalemnya. bahkan, salah satu model, sanggup menampung delapan orang sekaligus. awalnya gue sangsi, apa engga empet empetan tuh? emang sih, Honda punya pengalaman unggul dengan 'Ultra Seat' system yang dipasang di Jazz. tapi sampe delapan orang?




Yes, kursi lipat! model kursi yang dilipet kesamping itu emang benar-benar menghemat ruang. dan di indonesia, mata konsumen selalu 'ijo' kalo ngeliat mobil yang muatnya banyak. terlepas dari kesan maksa atau enggak, yang penting semua bisa ikut. beda sama pasar eropa atau australia, justru yang laku itu mobil yang muatnya cuman lima orang :)

Yang gue suka dari mobil ini adalah kesederhanaan panel dashboardnya. I mean, cmon lah, kalo udah berkeluarga kayak gue lama lama juga engga meratiin dashboard lagi. yang penting adalah: anak duduk aman, istri menikmati pemandangan. kalo dibandingin ama Jazz dan City, dashboard Freed jauh lebih sederhana. konsepnya baru, kayak meja, tapi lebih menonjolnya functionality daripada aesthetics. Kabarnya Freed di indonesia ditawarkan hanya bertransmisi automatic. Tuas transmisi 'diletakkan' begitu saja di tengah dashboard, bukan diconsole tengah seperti teman temannya. well, sepertinya kalo udah berkeluarga tuh, nyetir udah gak penting mainan transmisi. cukup masuk D aja and that's it! beda jaman masih kebut kebutan dulu, wuih tangan kiri sibuk banget pegang pegang persneling.




Bahkan paddle shift di setir pun digelontor. raib! seseorang disebelah gue berkomentar, setirnya masih kerenan Honda City yang lama... hehe, ya iya lah. masa ya iya dong.

Sebelumnya santer dikabarkan bahwa Freed ini akan dijual dengan harga terjangkau, 'hanya' berkisar diangka 180jt rupiah, karena seluruhnya dirakit di indonesia. bukan di thailand. namun ternyata... oh ternyata... versi termurahnya berada di kisaran 220jt rupiah bow. Honda berkelit ini semua karena melemahnya daya serap pasar dan melambungnya nilai tukar dollar US.

But hey, dengan mesin 120ps berteknologi i-vtec harga segitu udah cukup bargaining loh. kabarnya duit 200jt sekarang cuman dapet Yaris man!

Alamak...

Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media