Skip to main content

Honda Freed



Ini mobil lagi happening nih, di milis milis nan tiada berguna itu. Honda lagi mencoba peruntungannya di tahun yang lagi ancur ancuran gini jualan mobil compact yet seven seater. Sontak, para pengamat langsung memprediksikan pasar mobil indonesia bakalan merespons positif-agresif makhluk imut persembahan Honda ini.







Kalau diliat dari depan mengusung 'aliran' grill Honda City yg baru, tapi diliat dari samping, mungkin mobil baru ini masih berbau bau Honda Jazz. Sepintas rada rada terpengaruh garis body Mercedes-Benz B class saking jangkungnya.







Walaupun bentuknya mini-imut, tapi cukup menampung tujuh manusia duduk duduk didalemnya. bahkan, salah satu model, sanggup menampung delapan orang sekaligus. awalnya gue sangsi, apa engga empet empetan tuh? emang sih, Honda punya pengalaman unggul dengan 'Ultra Seat' system yang dipasang di Jazz. tapi sampe delapan orang?




Yes, kursi lipat! model kursi yang dilipet kesamping itu emang benar-benar menghemat ruang. dan di indonesia, mata konsumen selalu 'ijo' kalo ngeliat mobil yang muatnya banyak. terlepas dari kesan maksa atau enggak, yang penting semua bisa ikut. beda sama pasar eropa atau australia, justru yang laku itu mobil yang muatnya cuman lima orang :)

Yang gue suka dari mobil ini adalah kesederhanaan panel dashboardnya. I mean, cmon lah, kalo udah berkeluarga kayak gue lama lama juga engga meratiin dashboard lagi. yang penting adalah: anak duduk aman, istri menikmati pemandangan. kalo dibandingin ama Jazz dan City, dashboard Freed jauh lebih sederhana. konsepnya baru, kayak meja, tapi lebih menonjolnya functionality daripada aesthetics. Kabarnya Freed di indonesia ditawarkan hanya bertransmisi automatic. Tuas transmisi 'diletakkan' begitu saja di tengah dashboard, bukan diconsole tengah seperti teman temannya. well, sepertinya kalo udah berkeluarga tuh, nyetir udah gak penting mainan transmisi. cukup masuk D aja and that's it! beda jaman masih kebut kebutan dulu, wuih tangan kiri sibuk banget pegang pegang persneling.




Bahkan paddle shift di setir pun digelontor. raib! seseorang disebelah gue berkomentar, setirnya masih kerenan Honda City yang lama... hehe, ya iya lah. masa ya iya dong.

Sebelumnya santer dikabarkan bahwa Freed ini akan dijual dengan harga terjangkau, 'hanya' berkisar diangka 180jt rupiah, karena seluruhnya dirakit di indonesia. bukan di thailand. namun ternyata... oh ternyata... versi termurahnya berada di kisaran 220jt rupiah bow. Honda berkelit ini semua karena melemahnya daya serap pasar dan melambungnya nilai tukar dollar US.

But hey, dengan mesin 120ps berteknologi i-vtec harga segitu udah cukup bargaining loh. kabarnya duit 200jt sekarang cuman dapet Yaris man!

Alamak...

Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

Altis versus City? lho kok? kan beda, yang satu kelas city car yang satu kelas mid size sedan. ya, inilah anomali itu. kalau kita lihat dari segi budgetnya, kedua mobil itu bisa keliatan in par. kalo dulu dulu, beda kelas mobil selalu beda features-nya. biar gimana gimana Toyota Starlet memang tidak bisa dibandingkan dengan Toyota Corolla, apalagi ke Corona, ke Crown, dan seterusnya. pun begitu dengan jajaran mobil honda, Civic sama Accord gak akan bisa sama. tapi sejak munculnya City, peta permainan pun berubah.

Civic taun 2001 sekarang beda harganya tipis sama city taun 2003. rata rata kilometernya mirip mirip. stamina mobilnya juga saat ini hampir sama. urusan space, memang civic lebih lega, tapi teknologi? city unggul karena udah pake transmisi CVT. konsumsi BBM jadi lebih irit, tenaga ter-multiply dengan baik. apalagi taun 2004 udah keluar City versi VTEC-nya, padahal beda cc-nya cuman terpaut 100cc.

Tahun ini, persaingan antar kelas jadi makin irrelevant antara city car dengan mid…

nyari mobil itu susah

Udah setaun gue ngimpi beli mobil baru. sebenarnya nothing's wrong with my previous car. dia cantik, lincah, dan tidak pernah rewel. kecuali waktu akinya soak dan ternyata udah setaun gue telat ganti aki.. haha pantesan. mobil gue dulu itu bebas depresiasi, belinya segitu ya jualnya lagi segitu. nikmat kan? cuman masalahnya keluarga kecil gue udah menuntut space yang lebih luas lagi kalo mau jalan jalan. apalagi jalan jalan keluar kota; kopernya Bunga aja DUA! belom strollernya, trus koper gue ma bini gue satu, trus belom lagi kalo pulang pasti ada aja belanjaan yang musti dibawa. wuih! pernah gue ke bandung sampe pulangnya gue gak bisa liat spion :D

Akhirnya datanglah kesempatan buat ganti mobil kesayangan yang kecil dan imut itu. sebenernya rasanya sayang sih, tapi si pembeli bolak balik bilang: "gak papa, kan dapet yang lebih bagus". ahak! maca cih? ternyata mencari mobil yang lebih bagus dari mobil gue yang lama itu cukup susah dan menyebalkan.

Pilihan pengganti mobil …

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

beuh! sangar gak tuh? jarang jarang ada blog yang bikin komparasi pesawat terbang, gue aja ampe ngeri ngebaca judulnya. takut orang boeing dateng kesini trus ngecek ngecek, trus naro komen :p lebay..

hehe, sante aja lah. ini kan cuman ngecap ngecap daripada blog gua dibilang ga aktip.

kebetulan beberapa waktu silam gue dapet kesempatan travelling naik pesawat mid-size baru itu. terus terang gue bangga loh sebagai orang indonesia, bangsa kita ini termasuk pembeli pertama kedua pesawat lansiran amerika itu. walopun duitnya dapet dari investasi asing tapi yah, kan demi perekonomian bangsa juga. ngga tanggung tanggung loh, ada maskapai yang capnya singa itu sekaligus beli 178 unit 737-900ER! bukan mercy loh, ini pesawat terbang! kalo dijejerin dari cengkareng bisa nyampe ke blok m kali yah. dan juga maskapai nasional kita taun ini beli sekaligus 50 biji 737-800NG. wow, impressive!

kesan pertama masuk 737-900ER adalah sleek, sophisticated, dan... adem! suer ac-nya adem banget rasanya kayak ma…