Skip to main content

Posts

Showing posts from 2013

tentang media

Guess who I met today?

Eric Faulkner from Faulkner Media Management himself!
Dia terbang dari London dateng ke Jakarta kemarin dan actually dateng rapat di kantor gueh!! hoho..
Ge eR deng, toh dia sebenernya gak cuma mau rapat disini aja sih, tapi juga client2 lain dan set up bisnis barunya di Indonesia tercinta ini.

okeh, jadi gini..

Eric itu seorang praktisi media di Inggris Raya sana. dia kerja belasan taun di media agency sebelum akhirnya start bisnis konsultan media sekitar 25 taun yang lalu. dia sudah fed up sama kondisi periklanan sana, dan terus memutuskan untuk berbisnis sendiri di bagian: melihat realita.

iya. realita.

lucu kan? bisnis yang making money itu ternyata bisnis yang sederhana: menyajikan realita.

bekerja beberapa tahun di bidang media bikin gue ngeliat beberapa dari kita -para praktisi- jadi delusional dan terus manteng ajeg dalam posisi antara realita dan angan-angan. gimana tidak? marketer itu selalu dituntut untuk bikin rencana diatas asumsi-asumsi toh? asumsi it…

indeks harga saham gabungan

masih penasaran sama pertumbuhan ekonomi Indonesia? gue masih. mungkin kalo dulu gue beranggapan kalo masalah ekonomi bangsa ini tu lebay banget lah. karena gak ada pentingnya buat gue. sekarang juga gak ada ngaruhnya ke gue sih, tapi at least sekarang gue tau mana yang benar mana yang tidak. dan gue jadi yakin bener mau kemana hidup ini harus dibawa. apa sih.
makin kesini gue makin tertarik sama topik "ekonomi Indonesia" - rada telat sih. harusnya datengnya pas dulu lagi gue masih kuliah "perekindo" jadi nilainya gak kacrut gitu. tapi sudahlah, penyesalan selalu datang terlambat. kesadaran apalagi, biasanya dateng sejam setelah penyesalan. coba deh bub, agak konsen sedikit kalo ngeblog. ini mau cerita apa sih?
gini gini, inget kita pernah kena KRISMON? anak angkatan jadul pasti tau istilah KRISMON. na sekarang masih ada yang beranggapan Indonesia ini masih krisis? anda terperangkap di masa lalu kawan. coba liat perkembangan GDP per kapita kita dibawah ini, buat yan…

kunci rahasia public speaking

buat beberapa orang yang namanya public speaking itu bener-bener horor banget deh, apalagi buat orang-orang introvert kayak gue gini. seumur umur gue gak pernah sukses bediri didepan segerombolan manusia dan presenting. ngga usah segerombolan deh, walopun audiensnya cuman 3 orang juga tetep aja bikin jidat ini keringetan. kalo udah keringetan, jadi bau, kalo udah bau, engga pede.. kalo udah engga pede? berantakan deh presentasinya.
tapi kemaren tak dinyana gw sukses present sesuatu di workshop kantor. padahal audience-nya udah kayak PBB, dari berbagai suku bangsa di dunia. presentasi pake bahasa aja gue selalu gagap, apalagi pake english. tapi kemarin beda, I enjoyed the stage - kata bos gw. rasanya emang lebih relax, nervous sih emang tapi ngga tegang. gw inget inget lagi, apa yang bikin presentasi kemarin beda.. ini rahasianya:
1. menguasai materi mungkin kedengerannya klise tapi sebenernya yang bikin elu gak relax pas lagi presentasi itu karena elu ngerasa ngga menguasai materi yang l…