Skip to main content

indeks harga saham gabungan

masih penasaran sama pertumbuhan ekonomi Indonesia? gue masih. mungkin kalo dulu gue beranggapan kalo masalah ekonomi bangsa ini tu lebay banget lah. karena gak ada pentingnya buat gue. sekarang juga gak ada ngaruhnya ke gue sih, tapi at least sekarang gue tau mana yang benar mana yang tidak. dan gue jadi yakin bener mau kemana hidup ini harus dibawa. apa sih.

makin kesini gue makin tertarik sama topik "ekonomi Indonesia" - rada telat sih. harusnya datengnya pas dulu lagi gue masih kuliah "perekindo" jadi nilainya gak kacrut gitu. tapi sudahlah, penyesalan selalu datang terlambat. kesadaran apalagi, biasanya dateng sejam setelah penyesalan. coba deh bub, agak konsen sedikit kalo ngeblog. ini mau cerita apa sih?

gini gini, inget kita pernah kena KRISMON? anak angkatan jadul pasti tau istilah KRISMON. na sekarang masih ada yang beranggapan Indonesia ini masih krisis? anda terperangkap di masa lalu kawan. coba liat perkembangan GDP per kapita kita dibawah ini, buat yang belum tau GDP percap itu nilai ekonomi yang kita ciptakan selama satu tahun sebagai warga negara Indonesia. ya mungkin ibarat gaji kita selama setaun ini lah.

data nemu di indexmundi.com
coba liat, yang namanya KRISMON itu cuman "hiccup" yang ditengah itu. abis itu nanjak kayak pesawat take-off. malah lebih nanjak dari sebelum cegukan. kalo dulu butuh waktu 10 tahun buat naikin GDP percap dari USD1000 ke USD2000, tahun 2004 kemarin butuh cuma 4 taun naik dari USD3000 ke USD4000. kita udah kayak preman yang "kena gampar" sedikit abis itu ngamuk parah.

kenapa sih bisa nanjaknya tajem gitu men? tanya ama pak Gita Wirjawan. kalo gue ngeliatnya sih simpel, orang bule dateng bawa koper isi duit. lu pade pernah kerja EO gak sih? kalo kerja EO itu kerasa bgt loh, begitu ada orang dateng bawa duit.. kerjaan klien bisa dikerjain lebih cepat dan lumayan dapet margin lebih gede. kenapa orang luar sana pada dateng kesini bawa duit sih? coba liat IHSG dibawah ini:

data dari bloomberg.com

Gue coba compare index saham kita (putih) sama Rusia (ijo), Brazil (merah), China (biru), India (ungu) dan Hongkong (pink). ini negara negara yang 'sexy' buat investor, artinya kalo elu bawa duit kesana udah pasti duitnya balik dan balik lebih banyak daripada bawa duit ke.. Kenya misalnya. nah coba liat


taun 2008 lagi black october semua market kena pressure yang sama akibat krisis di Amrik, gw males ngejelasin krisisnya kayak apa- coba liat aja disini abis itu rata-rata pada recover dengan pattern yang sama, tapi IHSG melejit sendirian (inget, liat garis yang warna putih). lebih tinggi dari rata-rata market lainnya. malah kalo elo iseng-iseng mau compare, mungkin index kita yang paling melejit diantara negara negara lain di dunia. cuma gue enggak berani claim, takut salah. tapi coba kalo gue tarik mundur lagi sampe 10 taun ke belakang:


kalo taun 2003 elu nanem duit disini, taun ini duit elu udah berkembang sampe 10x LIPAT! coba mana ada lagi market yang bisa nawarin return 1000% ?

masih pada pengen nyari duit di luar negeri? kebalik men, disini ini tempat yang tepat buat nyari duit. tempat kita ini pasar yang sangat sangat seksi buat para pebisnis diluar sana. kenapa? karena investor dimana-mana butuh 2 hal penting: balik modal dan kepastian. ehm, kayak gaya pacaran temen gw yang gak etis disebut namanya. eh, apa sih. eh gini, Indonesia dari dulu udah terkenal jadi market yang menjanjikan, tapi volatile man. naik turunnya terlalu tajem, bisa kejadian pagi untung siang boncos. jadi yang pada dateng kesini itu banyakan investor-investor opportunis yang expert nyari untung. kayak kucing mau nyolong ikan, dikagetin dikit aja langsung loncat kabur. responsif.

nah dengan curve yang seperti diatas itu kebukti Indonesia udah bisa nunjukin dua hal penting itu tadi: balik modal dan kepastian. jadi investor-investor yang dateng bakal yang lebih canggih, ibarat kata datang dengan peralatan modern dan team yang handal. 

bub, elu gak malu jual tanah air lu ke bule bule?

men, pertama.. itu tanah dan air bukan cuma punya lo ya. itu tanah sama air udah ada disitu jutaan taun sebelum lo tinggal disitu. dan sepertinya bukan hak elo untuk mengklaim jadi kekayaan elo. yang kedua, kalo mau dapet duit ya KERJA. Kerja men! bertani kek, jualan ikan kek. dagang buah kek. bukan jual emas atau minyak. kalo elo kerja, lo akan tau artinya permodalan, perlengkapan, dan alat-alat produksi yang baik akan mendukung produktifitas. sama-sama kerja 8 jam, dengan produktifitas yang lebih tinggi elo akan mendulang uang lebih banyak. uang buat elo, buat keluarga lo, buat anak anak lo.

liat angka diatas. Indonesia makin kaya cuiy. elu, gue, pengemis di jalanan, menghasilkan lebih banyak saat ini dibanding 10 taun yang lalu. karena kita sebagai bangsa sama-sama kerja keras. kalau kita kaya, bukan karena tambang minyak kita banjir. tapi karena bangsa kita makin maju. bukan sudah maju loh ya, tapi makin maju :)

MERDEKA! 

Comments

  1. woaaah, om bubba jadi lebih sering ngisi blognya lagi, bulan ini udah 2 posting :D
    selamat datang kembali om :D

    ReplyDelete
  2. waduh, keren banget analisanya, mulai nulis lagi ? Atau mendadak berhenti lagi ?

    ReplyDelete
  3. iya nih mbak, byar pet gini saya :))

    tumben ndadak blog walking lagi?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

Altis versus City? lho kok? kan beda, yang satu kelas city car yang satu kelas mid size sedan. ya, inilah anomali itu. kalau kita lihat dari segi budgetnya, kedua mobil itu bisa keliatan in par. kalo dulu dulu, beda kelas mobil selalu beda features-nya. biar gimana gimana Toyota Starlet memang tidak bisa dibandingkan dengan Toyota Corolla, apalagi ke Corona, ke Crown, dan seterusnya. pun begitu dengan jajaran mobil honda, Civic sama Accord gak akan bisa sama. tapi sejak munculnya City, peta permainan pun berubah.

Civic taun 2001 sekarang beda harganya tipis sama city taun 2003. rata rata kilometernya mirip mirip. stamina mobilnya juga saat ini hampir sama. urusan space, memang civic lebih lega, tapi teknologi? city unggul karena udah pake transmisi CVT. konsumsi BBM jadi lebih irit, tenaga ter-multiply dengan baik. apalagi taun 2004 udah keluar City versi VTEC-nya, padahal beda cc-nya cuman terpaut 100cc.

Tahun ini, persaingan antar kelas jadi makin irrelevant antara city car dengan mid…

nyari mobil itu susah

Udah setaun gue ngimpi beli mobil baru. sebenarnya nothing's wrong with my previous car. dia cantik, lincah, dan tidak pernah rewel. kecuali waktu akinya soak dan ternyata udah setaun gue telat ganti aki.. haha pantesan. mobil gue dulu itu bebas depresiasi, belinya segitu ya jualnya lagi segitu. nikmat kan? cuman masalahnya keluarga kecil gue udah menuntut space yang lebih luas lagi kalo mau jalan jalan. apalagi jalan jalan keluar kota; kopernya Bunga aja DUA! belom strollernya, trus koper gue ma bini gue satu, trus belom lagi kalo pulang pasti ada aja belanjaan yang musti dibawa. wuih! pernah gue ke bandung sampe pulangnya gue gak bisa liat spion :D

Akhirnya datanglah kesempatan buat ganti mobil kesayangan yang kecil dan imut itu. sebenernya rasanya sayang sih, tapi si pembeli bolak balik bilang: "gak papa, kan dapet yang lebih bagus". ahak! maca cih? ternyata mencari mobil yang lebih bagus dari mobil gue yang lama itu cukup susah dan menyebalkan.

Pilihan pengganti mobil …

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

beuh! sangar gak tuh? jarang jarang ada blog yang bikin komparasi pesawat terbang, gue aja ampe ngeri ngebaca judulnya. takut orang boeing dateng kesini trus ngecek ngecek, trus naro komen :p lebay..

hehe, sante aja lah. ini kan cuman ngecap ngecap daripada blog gua dibilang ga aktip.

kebetulan beberapa waktu silam gue dapet kesempatan travelling naik pesawat mid-size baru itu. terus terang gue bangga loh sebagai orang indonesia, bangsa kita ini termasuk pembeli pertama kedua pesawat lansiran amerika itu. walopun duitnya dapet dari investasi asing tapi yah, kan demi perekonomian bangsa juga. ngga tanggung tanggung loh, ada maskapai yang capnya singa itu sekaligus beli 178 unit 737-900ER! bukan mercy loh, ini pesawat terbang! kalo dijejerin dari cengkareng bisa nyampe ke blok m kali yah. dan juga maskapai nasional kita taun ini beli sekaligus 50 biji 737-800NG. wow, impressive!

kesan pertama masuk 737-900ER adalah sleek, sophisticated, dan... adem! suer ac-nya adem banget rasanya kayak ma…