Skip to main content

tentang media

Guess who I met today?

Eric Faulkner from Faulkner Media Management himself!
Dia terbang dari London dateng ke Jakarta kemarin dan actually dateng rapat di kantor gueh!! hoho..
Ge eR deng, toh dia sebenernya gak cuma mau rapat disini aja sih, tapi juga client2 lain dan set up bisnis barunya di Indonesia tercinta ini.

okeh, jadi gini..

Eric itu seorang praktisi media di Inggris Raya sana. dia kerja belasan taun di media agency sebelum akhirnya start bisnis konsultan media sekitar 25 taun yang lalu. dia sudah fed up sama kondisi periklanan sana, dan terus memutuskan untuk berbisnis sendiri di bagian: melihat realita.

iya. realita.

lucu kan? bisnis yang making money itu ternyata bisnis yang sederhana: menyajikan realita.

bekerja beberapa tahun di bidang media bikin gue ngeliat beberapa dari kita -para praktisi- jadi delusional dan terus manteng ajeg dalam posisi antara realita dan angan-angan. gimana tidak? marketer itu selalu dituntut untuk bikin rencana diatas asumsi-asumsi toh? asumsi itu jadi benar karena semua orang bilang benar. nanti kalau misalnya salah, kita bikin lagi asumsi kenapa kita salah. begitu seterusnya, sampe kita udah lupa lagi mana yang benar mana yang salah. na ini orang bisa nyari duit cuma dengan cara ngasi liat realita benar-salah ke para marketer. ajaib.

padahal ngerjain media tu sebenernya gampang loh. well, ada beberapa hal teknis yang memang njelimet dan susah, tapi kalo dijalanin ya gampang. yang susah itu kalo pengennya banyak tapi duitnya nggak cukup. bisa sih dikerjain, tapi sama tukang sulap. mangkanya tukang sulap biasanya mukanya selalu kecut, gak secerah tukang lawak. soalnya kerjaannya lebih susah. oke, seriously, ngerjain media itu gampang. bikin plan, trus eksekusi, abis itu diukur. bikin plan lagi, eksekusi, trus diukur. gituuu terus sampe bosen. gampang toh?

pertama tama si advertiser harus mengerti benar apa yang mau didapat dari uang media. advertiser atau a.k.a si klien biasanya gayanya khas, dibumbui gengsi. gue mau duit gue bisa dipake buat bikin A jadi B. titik. caranya gimana? ya terserah elu. jadi si klien ini berharap sang ahensi bisa jago nebak kenapa ni orang pengen banget bikin A jadi B. jadi kalo pengen jadi advertiser yang baik, harus tau bener apa yang dipengenin, anggeplah media agency itu kayak jin dari lampu wasiat. salah salah minta, bisa jadi ya salah dapet apa yang dimauin.

abis itu baru deh ngurusin agency. kerjaan media agency itu kayak di meja judi; pasang duit disini dapet rating, pasang disitu jeblok. pasang duit di billboard hari ini bagus besoknya digusur pemda. sebenarnya sih nggak 100% gambling, semuanya itu bisa diukur dan diprediksi, bukan diramal ya- emangnya dukun. tapi butuh waktu, tenaga dan tools yang mahal. nah, biar cepet cara ngerjain media plan paling gampang ya cap cip cup. lempar dadu.

masalah berikutnya ada di media house. orang ini yang punya media, kayak tv station, radio station, de el el. biasanya media house yang udah lama, itu menstandarisasi advertisernya. biar ngga repot. jadi gini mbak, mas, iklan di kita bentuknya begini trus harganya segini, ai kasi diskon segini lah, na karena jij ganteng, ai kasi tambahan diskon segini.
bukan apa apa, soalnya advertiser itu buanyak, kalo masing masing minta custom ya ngga jadi media house dong. bikin aja tukang jait. masuk media landscape di Indonesia itu rasanya kayak masuk casino di Las Vegas, isinya slot slot iklan hasil dari standarisasi advertiser- lo udah tinggal naro chip aja disitu. ada yang mejanya rame, ada yang sepi, ada meja yang dilayanin ama sule, ada yang lagi lempar lemparan tepung. rame.

nah terakhir, kita itungin deh hasilnya. biar gimana gimana beriklan juga kudu ada hasilnya toh? namanya juga investment jadi kudu ada return. orang biasanya ngukur hasilnya dari awareness konsumen, walopun sebenernya yang harus diukur itu laku atau enggak dagangan kite. gampang aje deh, kalo udah belanja iklan seginih harusnya dagangan gue laku segonoh. titik.

see? mudah kan kerja di media?



Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

Altis versus City? lho kok? kan beda, yang satu kelas city car yang satu kelas mid size sedan. ya, inilah anomali itu. kalau kita lihat dari segi budgetnya, kedua mobil itu bisa keliatan in par. kalo dulu dulu, beda kelas mobil selalu beda features-nya. biar gimana gimana Toyota Starlet memang tidak bisa dibandingkan dengan Toyota Corolla, apalagi ke Corona, ke Crown, dan seterusnya. pun begitu dengan jajaran mobil honda, Civic sama Accord gak akan bisa sama. tapi sejak munculnya City, peta permainan pun berubah.

Civic taun 2001 sekarang beda harganya tipis sama city taun 2003. rata rata kilometernya mirip mirip. stamina mobilnya juga saat ini hampir sama. urusan space, memang civic lebih lega, tapi teknologi? city unggul karena udah pake transmisi CVT. konsumsi BBM jadi lebih irit, tenaga ter-multiply dengan baik. apalagi taun 2004 udah keluar City versi VTEC-nya, padahal beda cc-nya cuman terpaut 100cc.

Tahun ini, persaingan antar kelas jadi makin irrelevant antara city car dengan mid…

nyari mobil itu susah

Udah setaun gue ngimpi beli mobil baru. sebenarnya nothing's wrong with my previous car. dia cantik, lincah, dan tidak pernah rewel. kecuali waktu akinya soak dan ternyata udah setaun gue telat ganti aki.. haha pantesan. mobil gue dulu itu bebas depresiasi, belinya segitu ya jualnya lagi segitu. nikmat kan? cuman masalahnya keluarga kecil gue udah menuntut space yang lebih luas lagi kalo mau jalan jalan. apalagi jalan jalan keluar kota; kopernya Bunga aja DUA! belom strollernya, trus koper gue ma bini gue satu, trus belom lagi kalo pulang pasti ada aja belanjaan yang musti dibawa. wuih! pernah gue ke bandung sampe pulangnya gue gak bisa liat spion :D

Akhirnya datanglah kesempatan buat ganti mobil kesayangan yang kecil dan imut itu. sebenernya rasanya sayang sih, tapi si pembeli bolak balik bilang: "gak papa, kan dapet yang lebih bagus". ahak! maca cih? ternyata mencari mobil yang lebih bagus dari mobil gue yang lama itu cukup susah dan menyebalkan.

Pilihan pengganti mobil …

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

beuh! sangar gak tuh? jarang jarang ada blog yang bikin komparasi pesawat terbang, gue aja ampe ngeri ngebaca judulnya. takut orang boeing dateng kesini trus ngecek ngecek, trus naro komen :p lebay..

hehe, sante aja lah. ini kan cuman ngecap ngecap daripada blog gua dibilang ga aktip.

kebetulan beberapa waktu silam gue dapet kesempatan travelling naik pesawat mid-size baru itu. terus terang gue bangga loh sebagai orang indonesia, bangsa kita ini termasuk pembeli pertama kedua pesawat lansiran amerika itu. walopun duitnya dapet dari investasi asing tapi yah, kan demi perekonomian bangsa juga. ngga tanggung tanggung loh, ada maskapai yang capnya singa itu sekaligus beli 178 unit 737-900ER! bukan mercy loh, ini pesawat terbang! kalo dijejerin dari cengkareng bisa nyampe ke blok m kali yah. dan juga maskapai nasional kita taun ini beli sekaligus 50 biji 737-800NG. wow, impressive!

kesan pertama masuk 737-900ER adalah sleek, sophisticated, dan... adem! suer ac-nya adem banget rasanya kayak ma…