21 September 2017

liburan ke pulau

Jaman sekarang ini liburan ke pulau tambah happening gegara kaum milenial yang haus konten buat isi sosial medianya. background menara eifel sekarang setara sama gambar laut bening campur langit biru. Ditambah lagi, akses ke ujung-ujung Indonesia kini lebih mudah dengan meningkatnya jumlah penerbangan perintis rute-rute baru. Gak cuman rute maskapai BUMN lho.. banyak juga pilihan terbang dengan maskapai berbiaya murah untuk destinasi yang sama dengan maskapai kebanggan bangsa tersebut.

30 August 2017

Saling Menghargai

Kita ini orang Indonesia, udah dari sononya kita ini saling harga menghargai dengan sesama. Menjunjung tinggi budaya timur yang entah timur sebelah mana. Dari kecil kita terbiasa dengan menghargai sesama, dan setelah besar kita bertanggung jawab untuk mengajarkan generasi berikutnya untuk berbuat demikian. Bangsa lain mungkin juga berlaku sama, tapi kita ini orang Indonesia sudah menghargai bahkan kepada orang yang baru kita kenal, by default kita selalu tersenyum apabila ada orang baru yang menyapa kita.

27 July 2017

GUA EXPAT!

Kan kalo denger kata EXPAT sejenak biasanya gak enak kuping kita dengarnya. sombong, berjarak, gak kenal, akan terngiang di benak kita. dilain kesempatan, kata itu akrab dengan kita kita yang pengen mencari tambahan keuntungan dengan menjual apa itu lebih mahal dari biasanya.

26 June 2017

Uang Kaget Persembahan Dari BPJS Ketenagakerjaan d/h JAMSOSTEK

Jadi ceritanya gue minggu lalu ngurus pencairan duit Jamsostek, yang sekarang udah ganti nama jadi BPJSTK. Lumayan lah, duit kaget.. hasil belasan tahun gw mengabdi di kantor kesayangan ityuh. 

Tadinya beberapa "Financial Planner" dadakan sempet ngasih saran ke gue untuk ditunggu nanti aja dicairinnya pas pensiun, biar mateng bareng-bareng sama duit pensiun, jadi lebih terasa tampolannya. Tapi hati kecil gw merana kalo cuman liat angka doang gak pegang aslinya, jadi gw putuskan untuk gw ambil. 

Dari sebulan yang lalu gw udah grogi dong.. terus terang ini baru kali pertama gw berurusan sama duit JHT (Jaminan Hari Tua). Gw riset sana riset sini, tanya senior senior yang udah pernah, dan ternyata.. no single answer! Bingung kan? soalnya peraturan JHT diupdate terus, ya gak tiap bulan sih- tapi beda angkatan lulus beda ceritanya. 

13 June 2017

hijrah ke mac

pindah dari windows ke mac? hahaha iya Bubba baru ganti haluan nih.

nggak gampang buat mereka mereka yang udah tumbuh besar dengan windows untuk bisa beradaptasi menggunakan mac. apalagi gue, yang dari belajar komputer pertama kali udah pake MS DOS, bikin skripsi pake Word, pertama kerja pake Excel. lebih susah buat gue untuk hijrah, lo bisa bilang gw lebay.. tapi lo coba deh sekali sekali makan mi ayam pake sumpit dengan tangan kiri. anak kidal gak bole ikut.

hari ini udah 30 hari gw coba beradaptasi, dan ternyata ga terlalu nyebelin juga kok.. gue langsung hijrah ke Sierra, jadi bukan ke Yosemite atau El Capitan, dan ini kesimpulan gua setelah 30 hari pake Sierra:

1. Desktop
struktur desktop mac memang membingungkan, desktopnya ada banyak, ada dashboard pula, belum lagi layar khusus Launchpad yang isinya aplikasi doang. tapi sebenernya mudah dimengerti kok. konsep mac itu seperti matrix vertikal-horizontal sementara kalo di windows konsepnya seperti stacking up, dimana windows menu bar berfungsi seperti meja dan aplikasi2 pekerjaan ditumpuk rapih diatas meja. di windows gw terbiasa untuk bekerja dengan menyelesaikan map demi map besar pekerjaan sampai stack up nya habis.
kerja di mac desktop konsepnya agak beda, sepintas seperti bekerja pakai lembaran kerja kecil kecil yang berarakan di satu meja. ya itulah, anak mac lebih seneng bekerja sama kolaborasi beberapa map kerja yang tersebar dalam satu meja. tapi jangan sedih, ketika lo butuh fokus.. lo bisa pasang beberapa ‘window’ yang lo pingin fokusin jadi fullscreen. ini analoginya kayak lo punya 2 atau 3 meja kerja yang masing masing buka satu map kerja.

2. Keyboard
ini emang masalah habit sih. gue lebih suka bekerja dengan keyboard waktu di windows, tanpa mouse, karena segalanya terasa lebih cepat. cepat kerja, cepat kelar, cepat maen. hehe..
kalo bicara tentang shortcut keyboard, windows masih memang jauh lebih nyaman buat para lebah pekerja dengan satu alasan: the power of Kelingking. shortcuts di windows banyakan pake Ctrl dan Alt- dua duanya disetir sama kelingking. nah, shortcut di mac banyakan disetir sama djempol kiri. beberapa anak mac bilang sama gue, ya itu cuman beda kelingking ama jempol aja kalik. no! kelingking di windows control almost everything. baik di email, di presentasi, apalagi di excel sheet. sementara shortcut di mac buat gw (so far) baru sanggup manggil Siri, Spotlight sama Emoji.

3. Trackpad
hohoho.. disini kerasa banget superiority mac dibanding sama windows, mereka tahu sekali bagaimana caranya jari jemari bekerja. walaupun di windows juga ada multi gesture tapi keluwesan trackpad mac emang superb. jauh lah cuy.
gue sih sebenernya biasa pake ‘pentil’ merahnya thinkpad, dan gue terbiasa dengan itu karena gw males kalo mau make touchpadnya gw harus mindahin tangan kebawah.
nah kalo sama trackpad barunya mac ini rasanya worthed untuk nurunin tangan kanan kebawah gitu. terus, pake Force Touch gitu lagi, jadi kayak ada tiga lapis ‘Tap’ - ‘Click’ - ‘Force Touch’ tergantung seberapa kuat jari ini mencet.

4. Display
selamat tinggal layar 15.4” 😥 iya, layar mac kecil kecil mahal. tapiiii.. ada tapinya. resolusinya tajem dan ramah di mata. tadinya gw berpendapat Retina Display itu cuma gimmick marketing doang, gw udah lama pake itu di tablet dan hp, terus terang gak lebih bagus dari screen gadget lainnya. tapi emang tenyata beda joo. seperti gue bilang tadi, kerja pake mac gak perlu window gede gede, disebar aja window banyak kecil kecil, udah cukup. screen kayak gini bahaya kalo dipake browsing online shop. tadinya gak kepengen jadi beli banyak, apalagi kalo lo visual driven.

5. Email 
gue pertama kali kerja pake Lotus Notes, terus abis gitu lama pake MS Outlook. terkahir kemarin gw pake Windows 10, sebelum akhirnya hijrah. menurut gw email ori MacOS lumayan produktip lah, yaa tapi jujur gue lebih suka sama Outlook sih. selain udah apal banyak shortcut, urusan attach attachment lebih enak Outlook timbang mac. Apalagi dibanding Windows 10, kacrut lah. untung sekarang ada Office 365 jadi lumayan murah pake Office dan teman temannya cuman 80ribuan per bulan.

6. Kalender
wah ini parah. gak tau apa gua yang gak bisa make, apa emang payah. Calendar mac jauh ketinggalan dibanding kalendernya Outlook by far. malah, masih jauh ketinggalan kalo dibanding kalendernya iOS.

7. Browsing
seminggu pertama gua install Chrome. kebiasaan jaman dulu apapun Windows-nya browsernya hanya pake Chrome, hehe. habis itu gua kecewa karena satu dan lain hal, jadi gw putuskan untuk delete Chrome dan balik pake Safari. not bad, well lumayan lah. yang pasti jauh lebih enak pake Safari macOS dibanding Safari buat iOS.

Kesimpulan
menurut gue, Windows tetap juara buat para lebah pekerja. kemampuan untuk mengontrol hampir seluruh kemampuan komputasi dalam jangkauan jari kelingking, hehe.
nah kalo buat selain pekerjaan, mac juaranya deh. buat hal hal sederhana dalam hidup sampe ngerjain sesuatu yang kompleks mac lebih fokus dan lebih reliable.

Elo-elo punya pengalaman hijrah juga? mungkin malah sebaliknya hijrah dari mac ke windows? ayo.. bagi bagi disini 😀

23 January 2017

resolusi 2017

sepertinya agak telat memang, bikin resolusi tahun baru ketika bulan Januari sedikit lagi habis.

tapi bukan bubba namanya kalo gak ble'e ya kan?

baik. 

inilah resolusi-resolusi awal tahun ini:

1. menulis - iya .. nulis blog. disini. lumayan kan? udah mulai banyak postingan gua? jangan rewel deh lo.

2. membaca -  dengan ini saya canangkan niat untuk membaca buku (lagi). kamu kamu kamu kalau punya referensi buku yang bagus, tolong share di komen ya... buku apa yang cocoknya gue baca. 

3. ganti temen - Fix! akhir quarter satu nanti gue sudah harus ganti temen-temen baru. keliatannya susah, tapi tahun lalu gw bisa tuh ganti temen dari quarter dua ke quarter tiga. 

gak ko .. bubba ga ngambek.

bubba capek. 

21 January 2017

malam ini

aku sedih


kecewa

...

aku lelah mencari entah apa yang ku cari.

ku lelah berlari entah kemana aku pergi. 

marah? tidak.. aku terlalu lemas untuk marah. 

penyok? mungkin.. aku baru saja membuat berbagai keputusan destruktif. pun aku terlalu cacat untuk pesok. 

aku tidak menyesal. aku belajar banyak. aku menang banyak. hanya aku yang tahu. 

aku bersimpuh.

disini.

sendiri.


16 January 2017

lemah aku makk

Wuanjirr ...

Ternyata susah ya jaga disiplin untuk rutin nulis. padahal gue lagi gak sibuk-sibuk banget loh di kantor, ini ada aja alesannya- paling sering sih begitu sampe kasur dirumah terus keinget: O IYA LUPA NGEBLOG!

Besoknya niat lagi: hari ini jangan sampe kelupaan nulis. 

Terus lupa. Sampe kasur keinget lagi: ELAHDHALAH LUPA NGEBLOG. 

Gitu aja terus sampe Metallica pegi jajan kue rangi. 

Hehehe.. 


Gue emang paling parah kalo udah urusan rutin deh. Dari jaman SD tuh, kalo disuruh mami les itu kayak ada sesuatu di DNA gue yang belokin. iya bener dari rumah sih bener pamit mau les, tapi kadang nyampe tempat les kadang kagak. No no no.. gua bukan tukang bolos, bukan terus ngilang ke tempat ding-dong, cuman belok aja. my body, my soul dan my mind kompakan untuk belok ngerjain sesuatu yang baru. 

Eh tapi gue rajin masuk sekolah, gue jarang bolos. Waktu SMA juga temen temen pada madol, gue (rasanya) cukup rajin masuk pelajaran. buat gue itu hal basic yang gak bisa disekip. tapi more than that buat gue percuma kalo dibikin rutin. pasti jadinya belang bonteng sama gua. 
Bimbel contohnya, gak make sense buat gua itu yang namanya bimbingan belajar. Alhasil, waktu ujian buat masuk universitas negri (d/h UMPTN) gw jalanin dengan niat masuk universitas swasta... straight through!!

Nyesel? enggak.. I am what I am. gue cukup dewasa untuk tahu mana yang baik dan mana yang gak baik buat hidup gue. dan gue juga cukup bersyukur Tuhan kasih gue kepribadian yang kayak gini, dengan berbagai kekurangan dan beberapa kelebihannya. 

Poin gua adalah, pada kenyataannya kelemahan seseorang punya pengaruh pada kinerja orang tersebut, terus bikin orang itu enggak kompetitif dibanding sama rekan-rekan atau malah sama pesaing beliau di dunia kerja. 

Gua cukup beruntung untuk bisa mengenal berbagai kelemahan gua. belum semua sih, butuh proses dan waktu untuk bisa kenalan sama semua kelemahan-kelemahan gue. Terus gue delegate deh kelemahan gue itu ke orang lain. Gue selalu gue ngasih kerjaan-kerjaan yang urusannya rutin ke team gue. Karena gue tau, kalo gue pegang sendiri.. kaga akan kelar. yang ada kelar idup gue.

Nah, coba deh..

Kalo lo cukup berani buat ngakuin kelemahan lo, suruh orang lain yang ngerjain.
Bayar orang kek, cari rekan kerja yang nganggur, atau kalo lo seberuntung gue lo bisa jual derita biar bisa lo delegate ke boss lo sendiri. 

Tapi dengan catatan yaa, bukan terus taichi buang bodi loh. Lo bisa delegate kerjaan lo ke orang lain biar lo punya waktu untuk ngerjain apa yang lo gape ngerjainnya.. bukan buat santei-santei.

Karena secanggih apapun elo ngumpetin, orang yang bekerja ongkang-ongkang kaki itu adalah sumber pergunjingan paling afdol. 

06 January 2017

Om Telolet Om

Anjay ..

3 taun sudah gua terakhir posting disini.

kangen banget sama dunia ini, dunia yang menyenangkan :)

barusan aja gue ziarah ke blog blog lama yang dulu gue sering lewatin, ada yang masih rajin nulis- ada yang udah diblokir- banyak yang udah ilang, biasa, tapi ada satu yang curcol jual derita sama persis ama jeritan hati gw: postingan si monyet.

yap, gua sibuk kerja hadirin pemirsa sekalian.

nggak. salah, bukan.

maaf, saya revisi kata kata saya:

gua sibuk me-manage hidup gua, sodara sodara! sampe gua lupa jadi manusia yang berbahagia.

hehehe...

Banyak hal yang terjadi sejak tiga tahun yang lalu, eh maap, sejak enam tahun yang lalu terakhir gue getol-getolnya nulis disini. Gua udah lebih mapan daripada waktu itu, yang pasti. Karir gue enggak brilian bersinar bintang juga sih, tapi ya.. lumayan lah.

Gue masih mainan microblogging, yap. Twitter gue udah mati, tak benyawa. Facebook gw masih ada, jarang dibelai tapi ya kadang kadang gw nongol. FB tuh cocok banget buat ninggalin kenangan, hehehe. Gw lebih sering aktif di Path, Insta, ama Wassap. tiap hari muter muter aja disitu dah.

Anak gue udah 2, yap. Eh gw udah pernah cerita belum sih? kayaknya belum tapi rasanya udah. Hehehe, eniwei, yes Bunga punya adek sebut saja namanya Grumpy. soalnya dari bayi grumpy melulu wkwk. Bunga sekarang udah kelas 5 SD, Grumpy kelas 1 SD. She's still gorgeous, as always, gw gemes gak sabaran biar Bunga cepet jadi ABG. hihihi.

Rumah tangga gue kandass! yap. Gak usah dibahas lah ya, malesin. All you need to know is Bubba, bininya Bubba, Bunga dan si Grumpy baik baik aja. kami tetap erat walaupun hidup berpisah.

Sejak jarang nulis, gue berubah jadi manusia aneh. yap, aneh lah. gak bisa ketawa, gak bisa senyum. hidup ndak nikmat lagi.

Setahun terakhir ini gue struggling untuk mencari lagi Bubba yang dulu. Yang demen sama idup ini, Yang sering ketawa-ketawa. Bubba yang bahagia. Gak gampang ngejalaninnya, banyak menuntut perubahan, banyak menuntut gue untuk ngelepas kebiasaan lama. Kadang kadang kalo lagi ngaca, gue kayak gak kenal sama orang didepan gue. Complete stranger. Kadang juga kalo lagi sadar, gw suka mikir ngapain gua disini, atau ngapain gua ngelakuin begini. But ... yeah, namanya juga lagi terapi.

Gua ketemu lagi sama temen temen lama, temen begajulan.. temen SMA, terus temen SMP, terakhir ketemu juga sama temen SD. Gak cuman ketemu basa basi cang cing cong, tapi beneran intens ngobrol tiap hari. or minimal seminggu sekali. Beberapa temen ngajak mblandang gak keruan, persis kayak masa remaja gua, tapi beberapa temen bisa membuka mata hati gue. bahwa hidup itu terlalu singkat untuk dijalanin, sayang banget kalo ngejalaninnya gak happy.

Dan.. hepi itu nggak harus rumit boss. Gampang kok, lo tinggal belajar ikhlas aja untuk ngelepasin semua yang bikin lo gak hepi.
Dulu dulu, gue selalu tuh pengen nampol orang yang suka ngomong- bahagia itu pilihan pak, gimana cara kita memandang suatu masalah aja.
Kadang orang tu emang suka mendapat kepuasan gitu dari pamer ke-tidak-mampuan-nya untuk mengejar IQnya sendiri, biarin aja lah.

Tapi iya, lo harus berani obyektif untuk menghakimi apa apa yang buat lo gak hepi, dan berani memutuskan untuk lepas dari itu. Catatan aja, abis itu tetep gak ada jaminan lo akan happy- lo akan berubah jadi lebih baik, itu pasti.

Semacam minta telolet ke Om Supir gitu loh :)