Uang Kaget Persembahan Dari BPJS Ketenagakerjaan d/h JAMSOSTEK

Jadi ceritanya gue minggu lalu ngurus pencairan duit Jamsostek, yang sekarang udah ganti nama jadi BPJSTK. Lumayan lah, duit kaget.. hasil belasan tahun gw mengabdi di kantor kesayangan ityuh. 

Tadinya beberapa "Financial Planner" dadakan sempet ngasih saran ke gue untuk ditunggu nanti aja dicairinnya pas pensiun, biar mateng bareng-bareng sama duit pensiun, jadi lebih terasa tampolannya. Tapi hati kecil gw merana kalo cuman liat angka doang gak pegang aslinya, jadi gw putuskan untuk gw ambil. 

Dari sebulan yang lalu gw udah grogi dong.. terus terang ini baru kali pertama gw berurusan sama duit JHT (Jaminan Hari Tua). Gw riset sana riset sini, tanya senior senior yang udah pernah, dan ternyata.. no single answer! Bingung kan? soalnya peraturan JHT diupdate terus, ya gak tiap bulan sih- tapi beda angkatan lulus beda ceritanya. 


Kalo yang angkatan gue ini, yang bisa cairin cuma yang bener-bener resign, artinya gak ada lagi kantor yang setor iuran JHT lo dikemudian hari. Artinya, kalo lo resign terus pindah ke kantor baru, usahain ada jeda 2-3 bulan biar lo bisa ngurus pencairan ini. kalo kelewat dan kantor baru lo udah mulai bayar iuran, say bye bye dah bae bae. 

Syaratnya gak susah, yang pasti bawa KTP sama KK asli biar lo keliatan jelas identitasnya. bukan penduduk musiman, apalagi manusia tijels. jangan lupa difoto-kopi dulu, kalo bisa semua dokumen lo foto-kopi sebelom nyampe kantor BPJS, biasanya tu kantor jauh dari tukang foto-kopi. Terus berikutnya, kudu bawa Parklaring asli- gw baru pertama juga denger kata Parklaring dah. entah bahasa mana. itu tuh surat keterangan dari kantor kalo lo udah berenti kerja, 'Post-Employment Certificate' kalo di tempat gua. Masalahnya, sertifikat ginian kalo di kantor gua kaga pake segala macam kop surat dan stempel, jadi tinggal di-print dari system. Nah, ini buat BPJS kudu banget gaes, mangkanya sebisa mungkin surat ginian dicap stempel deh. Doh. 

Yang berikutnya agak tricky nih.. jadi kudu ada dokumen tertulis yang menunjukkan bahwa kantor lo udah kirim surat ke Dinas Tenaga Kerja kalo lo udah resign. Sepertinya dulu ada seorang jenius yang bangun pagi trus pengen aja bikin aturan beginian. Jangan takut gaes, si Parklaring itu tadi bisa lo foto-kopi terus lo minta cap stempel ke Disnaker setempat. minta legalisir istilahnya, gampang dan gratis kok. Usahain lo legalisir ini dulu sebelom berangkat ke kantor BPJS, biar gak bolak balik buang waktu. 

Kemudian, lo musti bawa juga buku tabungan yang atas nama lo. mungkin niatnya baik, agar duit ini gak jatuh ke tangan pacar gelap lo atau masuk ke rekening pencucian uang. Yang agak rempong gaes, orang-orang yang bernasib kayak gua- nama yang terdaftar di BPJS sama nama yang tertulis di buku tabungan beda tipis. nah, kudu keluarin tenaga ekstra dikit lah, pasang tampang melas, dan meyakinkan petugas kalo itu beneran buku tabungan lo. 

Terakhir, lo kudu bawa kartu peserta BPJS. nah ini pe er, lo cek lagi deh sekarang lo pegang gak tuh kartu. FYI, kartu gue bentuknya masih kartu Jamsostek- dan udah beberapa kali hampir gw buang dari laci soalnya gua gak tau fungsinya apa. Jangan ketuker sama kartu pensiun BPJS ya, bentuknya mirip cuman tulisannya 'Dana Pensiun' bukan 'Jaminan Hari Tua'. Biar petugasnya lebih yakin, lo tunjukin deh sekalian kertas ijo laporan saldo yang biasanya dikirim tiap awal taun. Ga ada ngaruhnya sih, cuman biar yakin aja. 

Berangkat ke kantor BPJS musti pagi gaes, kalo dateng jam 12 kayak gua, gak bakal ketolong luh. Mereka jam 6 pagi udah sediain nomor antrian, layanan baru buka jam 8. jadi abis ambil nomer, lo tidur lagi dah dimobil buat nunggu panggilan. Savage ya? ya gitu deh. Jadi kalo ditotal ada 3 meja yang perlu lo dudukin, pertama meja satpam -ngambil antrian tadi- terus meja penerimaan dokumen, yang kemudian akan verifikasi kelayakan lo menerima dana dadakan, abis itu baru meja petugas cs yang melayani permohonan lo. Hari itu juga HRD lo akan dihubungin buat konfirmasi ulang, kalo aman baru diproses deh. Petugasnya bilang prosesnya butuh 5 hari kerja, tapi gw hari ketiga udah ditransfer. Have a faith, guys. 

Satu hal yang perlu anda ingat, gaes. Duit ini didesain untuk hari tua lo, negara udah capek-capek mikirin system ini buat jaminan lo di kemudian hari. Jadi, gw saranin duit ini dipake untuk investasi jangka panjang lo dikemudian hari. Bersyukur kita tinggal di Indonesia, ada banyak banget instrumen investasi yang lebih bohay daripada ngembangin duit di BPJS. 

Tapi kalo mau lo pake buat hura-hura sih, serah. Duit-duit lo. Wakakakk... 🤣🤣

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media