Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2017

Saling Menghargai

Kita ini orang Indonesia, udah dari sononya kita ini saling harga menghargai dengan sesama. Menjunjung tinggi budaya timur yang entah timur sebelah mana. Dari kecil kita terbiasa dengan menghargai sesama, dan setelah besar kita bertanggung jawab untuk mengajarkan generasi berikutnya untuk berbuat demikian. Bangsa lain mungkin juga berlaku sama, tapi kita ini orang Indonesia sudah menghargai bahkan kepada orang yang baru kita kenal, by default kita selalu tersenyum apabila ada orang baru yang menyapa kita.

Senyum bukan berarti kita lemah, tapi bangsa lain banyak yang segan dengan kita orang Indonesia. Bahkan, setelah melawat beberapa negara, ada lho bangsa yang bukan hanya segan tapi juga agak agak takut dengan kita. Yaelah, kita gitu loh, bikin peniti aja amatiran.

Segan itu bukan dibangun dengan senjata, atau superiority di temperamen atau kegalakan. Malah, sebagian besar orang yang gua segani, biasanya malah enggak galak. Mereka jago mengontrol emosi, tahu benar kapan harus galak,…