liburan ke pulau

Jaman sekarang ini liburan ke pulau tambah happening gegara kaum milenial yang haus konten buat isi sosial medianya. background menara eifel sekarang setara sama gambar laut bening campur langit biru. Ditambah lagi, akses ke ujung-ujung Indonesia kini lebih mudah dengan meningkatnya jumlah penerbangan perintis rute-rute baru. Gak cuman rute maskapai BUMN lho.. banyak juga pilihan terbang dengan maskapai berbiaya murah untuk destinasi yang sama dengan maskapai kebanggan bangsa tersebut.


Ada banyak pilihan destinasi island hopping yang seru, cuman ya.. harap maklum aja ya, karena ini industri masih baru meletek, jadi infrastrukturnya jangan disamain ama Meldaif ato Bora-Bora ailend.. wkwk- eh jangan salah, kalo dilihat hasil fotonya sih kita gak kalah ama mereka. YaQin! Gw sih gak muluk-muluk ngomongin Raja Ampat ataupun Wakatobi. Menurut teman-teman akuh, destinasi2 itu overpriced banget. Walaupun emang scenery-nya sadis sih. 

1. Labuhan Bajo
Ini tempat happening banget dari 2-3 taun yang lalu. Dari segi infrastruktur memang udah lumayan advance. Sekarang malah udah ada direct flight dari cengkareng kesini, apalagi saat ini kabarnya Traveloka pun udah sakti disini. Gak susah nyari penginepan. Properti akomodasinya banyak pilihan, dan jugaa.. sarana sewaan kapalnya juga macem macem. 

Mau yacht ada, mau pinisi juga ada.. mau buru-buru ada speedboat juga hehe. Perahu yang pinisi aja udah mencukupi kok, lo bisa tidur.. bisa angin-angin muka didepan.. yang pasti kopi sama indomi di kapal ini free-flow. mungkin ini triknya biar gak mabok laut. O iya, biasanya kapal ini dilengkapi dengan sound-system ala kondangan di kampung. Jadi, jangan lupa siapin playlist yahud di hp lo buat selama perjalanan. colokannya pake jack 3.5mm, mangkanya jangan pake hp mahal mahal. kalo enggak, lo bakal disetelin lagu-lagu dangdut kesukaan pak kapten dan sebagian besar awak kapal. 

Pilihan trip disini pas buat sailing sehari, ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi. Yang pasti pulau Komodo, yang dihuni nenek moyangnya kada- dinosaurus terakhir di bumi. Buat foto-foto sih gak seru ini pulau, komodonya juga kurang fotogenik. Tapi yaa.. sekali seumur idup masa iya gak mau liat Komodo, keren loh. 

ooo.. gitu toh caranya


Kalo elo gak sabaran pengen nyebur, diving atau snorkeling, atau yang cuman berendem aja kayak gue, mending lo skip Komodo dan langsung ke Pulau Rinca. Disini banyak lokasi snorkeling yang seru, ada juga pantai yang pasirnya kemerahan- dijualnya pake branding Pantai Pink- padahal gak se pink pantai yang diselatan Lombok itu. 




Nah kalo urusan foto-foto instagram nomor satu buat elo, mending pagi pagi meluncur dulu deh ke pulau Padar. jangan kesiangan, selain panas, sinar matahari pagi juga keren banget hasilnya di kamera. Jadi berenangnya disorein aja. Ini pulau sebenarnya yang bikin booming daerah sini. Emang keren sih.. sepintas kayak Isla Nublar di pilem dinosaurus eta. Kalo lo dateng bulan bulan april atau mei, warnanya hijau seger dipandang mata. tapi kalo lo datengnya bulan bulan september.. wuih gersangnya kerontang banget.. kalah tanggal tua. 


2. Derawan
Ini tempat emang sadis sih. lewat dah tuh semua pemandangan di pasifik. beuh.. edan! Cumaannn.. ni daerah emang terpencil banget. kalo di peta sih posisinya emang udah di laut pasifik sik diatasnya manado malah, berat men pokonya perjalanan kesini. 

Ada dua pilihan rute kalo mau ke derawan: pertama dari cengkareng lewat Balikpapan, terus naik penebangan perintis ke kota Berau. Dari sini lo kudu nyewa avanza lagi buat jalan darat ke pelabuhan Tanjung Batu, jaraknya cuman 120km- tapi kira kira 3 jem baru nyampe. Kalo kesorean, lo kudu nginep lagi di Tanjung Batu, dengan pilihan losmen yg terbatas.. soalnya dari sini naik boat masih 2 jam lagi, biasanya yang punya kapal males kalo nyampenya kemaleman.. gelab. mendingan besok paginya baru jalan. Denger kabar gembira, katanya sih udah ada penerbangan perdana dari Berau ke Maratua, cuman belum reguler. 

Ada lagi rute lain lewat Tarakan, ini ada direct flight dari cengkareng. mendarat di tarakan lu bisa santai dulu ngopi2- trus baru naik speedboat 4 jam ke Derawan. Ha? GAK SALAH BUB? 4 jam?? yoi men, 4 jam ngebut pake mesin kayak motor ditrondolin, udah gitu gubrak-gubrak nabrakin ombak lagi. Boong kalo gak oleng lu nyampe Derawan. wkwkwk.. satu catatan penting! kapal dari Tarakan ini mahalnya minta ampun, serius lebih mahal dari pesawatnya. Selain pake speedboat yang boros bahan bakar, juga karena volume perjalanan yang kecil, dibanding dari Tanjung Batu. Jadi, kalo mau lewat sini sebaiknya rombongan rame-rame.. jadi patungan biaya kapalnya lebih murah. 

Derawan itu nama gugus kepulauan, di kabupaten Berau- Kalimantan Timur. Disini ada satu kampung yang dikasih nama Desa Derawan, yaitu ibukota kecamatan Derawan ini. Nah, destinasi liburannya bukan disini, tapi setengah jam lagi naik kapal ke pulau Maratua. disinilah pusat dari segala pariwisata terjadi. properti paling bagus disini namanya Maratua Paradise Resort, foto instagram disini sih keciri banget soalnya resort ini dibangun diatas air. Sebenernya kalo mau nginep sini sih nggak perlu di cottage yang diatas air.. di daratnya juga ada cottage kok, bisa kempingan pake tenda malah. harganya setengahnya yang di laut. yu no lah .. bisnis. wkwk. 

kelar udah segala masalah

Banyak pilihan destinasi disini, paling keren emang pulau Kakaban, dengan laguna raksasa yang dihuni ubur-ubur jinak yang bersahabat. Terus ada gusung laut juga yang keren buat difoto. Bukan gusung lapar, gusung yang ini adalah tumpukan pasir putih diatas laut.. Terus ada lagi pulau Sangalaki yang isinya pasir putih dimana mana. Nah lo puas puasin deh maen disini. Bukan gimana-gimana, pulangnya lo bakal panjang lagi ceritanya. hehehe..

3. Sumbawa
Ini baru kemaren gw kesana, akses ke tempat ini relatif paling gampang. cumaan, gak banyak pilihan akomodasinya. satu satunya resort di sini namanya Samawa Seaside Cottages, gak nyampe sejam perjalanan dari airport kesini. lumayan bagus sih tempatnya.. cuman masalahnya satu- kaga ada sinyal hp disini. seluas mata memandang, sinyalnya cuman E doang.. itupun PHP. mau minta wifi hotel? wassalam. cuman ya ambil positifnya, lo jadi gak terganggu sama henpon dan segala faedah sosial media lo itu. fokus liburan. hehe. 

no internet

Idealnya lo stay 3 malem di hotel ini. ada 3 pulau yang lo bisa samperin disini, pertama yang paling besar adalah pulau Moyo. pulau ini ujungnya garis Wallace, jadi khas banget vegetasi australasia yang numbuh disini. di pulau ini juga ada resort namanya Amanwana. Cuman udah uzur banget buat ukuran Aman properties. hanya ada satu desa disini namanya Labuan Aji, dari sini lo bisa naik ojek keatas pebukitan, dan disana ada sungai air bening buat mandi mandi. aslik seger, cuman aliran sungainya tinggi zat kapur. jadi ati-ati aja keculek. Di deket Labuan Aji juga ada gusung pasir putih, masih koral malah, cuman ukurannya kecil banget. kentang kalo mau foto foto. 

freshwater natural pool di pulau moyo


Pulau kedua namanya Satonde, letaknya disebelah kanan pulau Moyo, ini kerennya mirip pulau Kakaban ada freshwater lake ditengahnya.. bukan laguna. jarak tempuhnya nambah dikit kalo dari Samawa. kalo ke Labuan Aji cuman 20 menit, ini hampir sejam lah. not bad kan? dibanding tempat diatas. 

Bucket List
Terus terang gw bukan anak pantai sih, gw lebih suka liburan di pegunungan daripada di pantai. Cuman, emang pemandangannya keren banget yang bikin gw suka. jauh lebih keren daripada kepulauan polinesia yang gw kunjungin kalo kerja di pasifik. ditambah lagi, walaupun tertinggal, keramahan orang Indonesia selama kita liburan disana tuh: second to none.  
Nextnya gak banyak-banyak, dan gak ke Raja Ampat juga deh. hehe. Rencananya gw pengen ke;
  • Maumere (NTB); ini foto-fotonya keren bats. banyak pilihan destinasi juga. 
  • Tual (Maluku Selatan): menurut gw pulau Kai lebih keren dari pantai Ora. disini juga banyak gusung putih dimana mana. Cuman ya gitu, kagak ada pilihan, stay nya ya di rumah penduduk. 
  • Ternate (Maluku Utara): ni tujuannya cuman satu- pulau Morotai. ini pulau keren banget, complete picture of paradise, lah. 


Udah tiga aja.. kebanyakan ngayal.

Ayo ayo bareng .. biar seru 😄

Comments

  1. BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014


    Ayo Segera Bermain Sabung Ayam Online Di HP

    Dapatkan Bonus Cashback Up TO 10% !!!
    Juga Bonus Deposit IDR 500.000 !!! Hanya Di Agen Terpercaya www. b-o-l-a-v-i-t-a .fun

    Sabung Ayam S128 | SV388 | Kungfu Chicken

    Info Lengkap Hubungi Customer Service Kami ( 24 JAM ONLINE ) :

    BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
    WeChat: B-O-L-A-VI-T-A
    WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5
    Line : cs_b-o-l-a-v-i-ta

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media