jualan tiket

menyambut harpitnas kemaren gue berencana jalan jalan sekeluarga ke surabaya. lho koq surabaya? iya soalnya kalo ke jember musti naik colt lagi berjam jam dan I dont think Bunga happy with that. surabaya tu enak koq, daripada macet macetan di bandung, mendingan macet macetan di surabaya sekalian ke surabaya secara tiket pesawatnya paling murah se Indonesia Raya ini. Rencananya bini dan Bunga akan berangkat hari kemisnya dan gue nyusul jaya hari jumat secara jumat siang masih ada meeting harpitnas yang gak penting gitu sama team kantor.

Rencana tinggal rencana, ternyata si Bunga mendadak sakit panas hari rebonya, tepat sehari sebelom embarkasi. duh, gagal dunia. bubar donk suasana, padahal tiket udah dibayar semua. rebo malem kejar kejaran sama jam tutupnya airasia di C4 lebak bulus. ngotot punya ngotot, karena less than 24 hr notice sebenernya ngga cukup kuat buat ngerefund tiket, akhirnya bisa dicancel dengan sempurna. duit balik walaupun dipotong dikit sekedar cuman buat customer kayak gue ngedumel ga jelas.

tapi nasib tiket gue gimandang bok? secara gue nyari tiket buat jumat malem itu serabutan juga, asal ada aja, alhasil: non-refundable! bookkk, delapan ratus ribu jo! angus gitu aja. bah! itu hampir dua kali lipet saldo BCA gue! tanya eve kalo ga pecaya. kesimpulannya: hari jumat malem mau tidak mau gue harus jadi calo tiket di bandara. mau tidak mau, apapun dandanannya (halah)

jumat sore, the goddam meeting tak kunjung usai. sepertinya juga gue gak diperlukan di ruangan itu. tapi diabsen bok, kudu hadir, gimana donk? gue buka meebo aja chat sana sini. tentu saja dengan tampang buka spreadsheet pura pura serius ngitung apaa gitu. hmmm, sempet juga nanya nanya ama mbah gugul dimana gue harus menjual tiket laknat ini. beliau menyarankan untuk datang ke gambir sebelum kereta sembrani berangkat pukul 18.00 atau argo anggrek malam pukul 21.30. yap, bener juga si mbah itu ya? kalo naik kereta kan 240 rebu, musti pegel duduk semaleman ampe pagi. kalo gue jual 300rebu tapi sejam nyampe, tentu ada yang tertarik.

jam enam, si boss-nan-tjantik-djelita sudah berhenti membombardir kerjaan ke gue. aha! ini saatnya! gue langsung melesat ke gambir mencari mangsa orang yang baik hati dan pintar yang mau sampe ke surabaya lebih cepat. jam enam seperempat gue sudah sampe gambir, markirin motor yang melet ngos-ngosan, dan berjalan tegap menuju loket karcis. antrian cukup panjang, ada 2 barisan kira-kira 10 meter panjangnya. "psst.. om, om, cari karcis om? harga loket nih", seorang calo berbisik kencang dari pojokan...

OKE, first of all, gue gak seneng dipanggil om om ya! situ emang umur berapa sih? sok muda banget. walaupun gendut, tapi sini masih oke loh. disandingin sama anak SMA juga masih keliatan sepuluh sebelas. apakah tampang gua udah segitu om om nya kah? and secondly, gue gak pernah kawin ama tante lo! kenal juga enggak. so stop calling me om om! bastard... yang ketiga, gue gak cari karcis. gue mau jual karcis. karcis pesawat lagi, bukan kayak karcis situ.. huh! if you want to do calo, then do it properly donk...

sambil ngedumel, gue masih celingukan nyari orang yang mau beli tiket gue. satu persatu orang dalam antrean gue tanyain, semua jawabannya sama: "saya mau ke semarang mas". mein gott, ternyata antrian yang ke surabaya udah bubar sejam yang lalu, secara keretanya juga udah berangkat jam 6 tadi. alamak, trus menurut mas mas calo yang manggil gue om tadi juga, baru akan ada antrian argo anggrek ntar jam 9 malem. "jaman sekarang sih om, jarang ada yang ngantri. semua pada pake reservation", kata si calo sambil nunjuk2 loket reservation. om lagi? *tampol*

speechless gue, mau gak mau gue mesti ke bandara nih. gak laku gue disini. gue melangkah menuju bangunan mirip halte tempat bis bis bandara ngendon. sampe disana gue baca baik baik signage disitu: BIS DAMRI Tujuan: Bandar Lampung (lho?). gini nih, malu bertanya sesat dijalan... gue nekat nanya sama mas mas yang jaga. dan jawabannya mengerikan, "Bis bandara mas? udah abis dari jam 5 tadi"

Cerdas.

Nasib nasib... gue melangkah gontai menuju parkiran motor. balik kucing. strah-lah, emang bukan rejekinya. eh tau-tau... "DOEENG" ada bis bandara baru dateng dari bandara (repetitive ya?), ya iya lah dari bandara masa bis bandara baru dateng dari kelurahan. dan nurunin penumpang. AHA! semangat gua balik lagi. gue samperin ntu bis, dan ternyata ada beberapa orang juga yang insist minta tu supir balik lagi ke bandara. salah satu orang malah nangis kejer kejer sambil duduk diaspal. hehe, ya nggak lah. akhirnya si supir mengalah, dan berangkat-lah kami kaum pendemo ke cengkareng, CIHUI!

Selama di bus, udah ketebak donk, jalanan macet. duh mampus dah. pesawat gua berangkat jam 9 malem. ini udah jam tujuh. kalo gue nyampenya mepet, kan semua orang udah pada pegang tiket masing masing donk!!! halah, gue coba nawarin ke orang sebelah. mungkin dia berminat beli barang haram tiket gue. "saya cuman mau njemput, mas", kampret. satu bus kaga ade yang bawa ransel, pada ngejemput semua.

Bandara Sukarno Hatta ("BSH") cukup rame waktu itu, untuk ukuran harpitnas ye, gue cukup girang waktu ngeliat terminal satu A rame sama calon penumpang. mungkin 10% dari mereka belom pegang tiket kali ye? pikiran calo gue menerawang. gue siap siap turun karena pesawat gue di terminal satu B. haik! gue komat kamit, tekat calo gue sudah bulat, gue harus bawa pulang uang malam ini!

turun dari bis gue celingukan, terminal satu B ternyata sepi sentausa sodara sodara. yang rame tadi itu Lion Air sama Air Asia. disini yang gede cuman batavia air dan srivijaya air, pesawat gue. dan dua duanya invalid! sepi jonih ginih!! aduh, gue deketin kaca airport macam Cinta mau mengejar Rangga, counter check in masih buka, sepertinya udah tinggal tiket gue yang belom check in. duh, mo dijual ama sapa ye? pak satpam ini mau gak ya jalan jalan ke surabaya? tapi tampangnya belom gajian gitu.

ngga berapa lama ada bapak bapak lewat. beliau pake baju item pake tas seret item, dan rokoknya gak berenti ngepul. ada seraut kesedihan di wajahnya. aha! mangsa. ini-lah harapan terakhir gue satu-satunya. gue liat pak satpam belom gajian tadi udah siap siap mau beberes pulang. bis terakhir ke gambir pun udah nunggu diujung sana. sepeda motor gue udah miscall-miscall mulu dari tadi minta dijemput. iye, sabar!

"Mau kemana pak?", gue tanya pelan.

"Jogja"


Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media