kunci rahasia public speaking

buat beberapa orang yang namanya public speaking itu bener-bener horor banget deh, apalagi buat orang-orang introvert kayak gue gini. seumur umur gue gak pernah sukses bediri didepan segerombolan manusia dan presenting. ngga usah segerombolan deh, walopun audiensnya cuman 3 orang juga tetep aja bikin jidat ini keringetan. kalo udah keringetan, jadi bau, kalo udah bau, engga pede.. kalo udah engga pede? berantakan deh presentasinya.

tapi kemaren tak dinyana gw sukses present sesuatu di workshop kantor. padahal audience-nya udah kayak PBB, dari berbagai suku bangsa di dunia. presentasi pake bahasa aja gue selalu gagap, apalagi pake english. tapi kemarin beda, I enjoyed the stage - kata bos gw. rasanya emang lebih relax, nervous sih emang tapi ngga tegang. gw inget inget lagi, apa yang bikin presentasi kemarin beda.. ini rahasianya:

1. menguasai materi
mungkin kedengerannya klise tapi sebenernya yang bikin elu gak relax pas lagi presentasi itu karena elu ngerasa ngga menguasai materi yang lo presentasikan. inget ya, ngerasa menguasai - bukan berarti elu hapal betul isi presentasinya, tapi elu harus tau isi presentasinya. or at least lo harus percaya kalo di ruangan tempat elo ngomong itu cuman elo yang menguasai materi yang dibawa. orang yang dengerin mungkin tau tentang materi itu, tapi elo tau lebih banyak dari orang itu. sering kejadian gue harus present deck yang dibikin sama beberapa orang yang berbeda, ya karena tuntutan kerjaannya begitu, disitu gw mulai gak pede dan mengernyitkan dahi apa maksudnya slide ini ya. mulai deh breakdown. tapi ya itu tadi, gw harus yakin bahwa gue lebih tahu tentang materi ini daripada orang yang dengerin gue. kalo misalkan enggak, ga ada guna gue present. mendingan udahan aja.

2. antisipasi pertanyaan
ini triknya: engga ada audience yang mengharapkan jawaban yang benar, mereka mengharapkan jawaban yang enak didengar telinga. dan "enggak tau" adalah jawaban yang enggak enak didenger di telinga. sama halnya sama kalo elu tau, tapi ngejawabnya buru buru dan serampangan, enggak enak juga didenger di telinga. coba main mainin dulu deh, kayak kalo lo nembak orang kan yang enak kalo dijawabnya sambil manja manja gitu. coba lempar dulu pertanyaan ke floor, coba liat apa ada orang lain yang jawab, abis itu ditambahin sama jawaban dari elo. o ya, jangan lupa sebelum presentasi coba bikin ceklist kira kira apa yang akan ditanyain sama orang orang ya. ini akan sangat membantu.

3. jalan-jalan
ada temen yang bilang ama gue, kalo elo present lo ngomong ke matanya pendengar. pas gue coba, bener loh.. matanya orang orang yang ngedengerin elo itu seperti menambah energi elo di atas panggung sandiwara. nah kalo elo udah mulai 'kehilangan' mata-mata itu -entah mereka mulai ngeliat ke arah lain, atau ke hp mereka misalnya- coba deh lo jalan ke ujung panggung yang satunya lagi. body move itu kayak signal yang bikin audience kembali ke elo. kalo misalnya elo diatas mimbar dan ga bisa jalan jalan, coba bikin body gesture yang gede, ini membantu ngebalikin perhatian ke elo dan put you in control. nah kalo itu mata mata seakan akan bilang "ini orang ngomong apa sih", coba berhenti ngomong deh. tanya ke floor disebelah mananya yang gak ngerti. presentasi yang bagus adalah presentasi yang banyak ngobrolnya - tanya jawab maksudnya, bukan ngobrol sendirian.

ya gitu deh, kira-kira ada yang bisa share pengalaman kalo nyanyi gak? gw masih belum nemu triknya nyanyi didepan umum nih... 

Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media