All New Toyota Avanza vs Mitsubishi XPander 2021
Udah lama banget sejak gua bikin ulasan perbandingan otomotif 12 tahun yang lalu. he he .. banyak sekali perubahan di peta percaturan penjualan mobil tanah air. Tapi yang paling kentara adalah: makin banyak pabrikan mobil yang merakit produknya di Indonesia ... yeayy! bangga gak kalian? gue sih bangga. Dari mulai LCGC murah Daihatsu sampai SUV Hi Tech papan atas BMW dan Mercs udah dirakit disini. Bahkan, kabarnya seri papan atas merc AMG udah mulai dirakit di Wanaherang. Tak mau kalah, pabrikan multinasional Hyundai dari Korsel sampe punya line produksi sendiri dan kapasitas R&D khusus untuk kategori Compact SUV nya di tanah air kita. Ini semua belum ngomongin euforia mobil EV yang kabarnya lagi digadang-gadang sama dunia.
Terus gimana dengan kondisi market kita sendiri?
Menurut gue, kondisi market kita sepuluh tahun terakhir ya gitu gitu aja, bahkan kalo ditarik mundur 20 tahun yang lalu, ya masih gitu gitu aja. Toyota masih nomer satu, gotong royong ama Daihatsu. Tahun 2021 ini tuh tahunnya recovery setelah badai Pandemi akbar 2020. Pandeminya sih masih ada, tapi geliat market otomotif udah bergerak naik mirip-mirip jaman-jaman pasca recovery krismon '98.
Yang gw lihat berubah banyak dalam dekade terakhir adalah cara pabrikan sekarang menggodok data konsumen sampai benar benar matang, untuk kemudian mewujudkan banyak pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan cluster-cluster konsumen. Kita enggak lagi dijejelin produk yang 'mirip-mirip'. Masih ingat kan jaman pra-krismon? apapun kebutuhan konsumen, mobil niaga yang disulap jadi MPV jadi jawabannya :)
Kini jadi ada kelas LCGC, yang jadi kelas rekrutmen bagi para pabrikan penggede, ada kelas SUV yang jadi jagoannya jalan tol, ada kelas Compact SUV yang dulu dilewehin sekarang jadi primadona. Masih ingat Nissan Juke? dulu banyak yang "terkaget-kaget" lihat desainnya yang kesini kagak kesono kagak. Sekarang hampir semua pabrikan main di kelas 'raising star' ini. Nah, dari semua kategori, pasar tergemuk masih didominasi MPV 7-Seater yang kalo menurut gue bisa dibuat lebih detail lagi: kelas 7-Seater 100-110PS. Dibawah itu biasanya Chinese brands, diatas itu biasanya Euro brands.
Di akhir 2021 ini kelas multipurpose vans ini isinya lumayan seru, brand-brand gede pada betting kartunya di meja ini biar dapet cash cepet abis puasa kena pandemi. Raksasa duo Toyota-Daihatsu baru aja launching produk revolusioner brand Avanza-Xenia, gue bilang revolusioner soalnya 'akhirnya' mereka mengadopsi mesin tarikan depan (FWD) dan transmisi CVT. Sementara duo raksasa lainnya Nissan-Mitsubishi memoles besar besaran Xpander yang menurut opini gue adalah facelift gak tanggung-tanggung dari Livina generasi ke III. kena banget lah.
Gue jadi gatel pengen bikin komparasi dua brand ini, head to head, tapi disclaimer dulu yah- gue belum nyentuh kedua barangnya sama sekali jadi komparasi ini adalah opini diatas kertas. monggo buat anda-anda yang sudah mencoba keduanya untuk berbagi pengalaman di kolom komen yah :) oiya, tadinya gue mau masukin Honda BR-V kedalam komparasi jarak jauh ini, mengingat lompatan quantum fitur dan teknologi yang dijejalin Honda ke 7-Seater generasi baru itu. Tapi kendala supply chain Honda seperti yang udah berulang kali terjadi, bikin produksi BR-V rada terhambat dan jadi entah kapan mobilnya di-deliver. Janjinya sih Januari 2022 udah ada, tapi entah bener entah kaga. Jadi kita doakan saja sama-sama.
Avanza-Xenia
Akhirnya gaes, Toyota memutuskan untuk bikin Avanza tarikan depan dan pake transmisi belt CVT. Sesuatu yang udah diperkenalkan Nissan Livina 15 tahun yang lalu :) eh, bukan ikut-ikutan ya gaes, mungkin setelah FGD bertahun-tahun fakta membuktikan kalo Avanza itu ya memang harusnya tarikan depan :) dan pake transmisi belt kayak skuter metic, hahaha. Intinya memang kendaraan tarikan depan itu lebih irit, lebih responsif dan ruang dalam lebih lega. CVT yang dulu banyak dihujat karena kurang durable dan kurang efisien mentransmisikan power, nyatanya terbukti awet, ringan perawatan, dan sanggup menekan production cost agar harga jual mobil bisa lebih bersaing. Good-news sekarang Toyota sama Daihatsu bener bener bagi bagi tugas dengan jelas, Avanza dan Xenia diproduksi di pabriknya Daihatsu, sedangkan Veloz diproduksi sama pabriknya Toyota. Jadi kalo pengen beli kualitas material interior yang lebih halus, boleh pilih Veloz. Terus Avanza dan Xenia enggak lagi mirip mirip, Xenia sekarang dikasih ornamen setrip merah luar dalem ala-ala VW Golf GTI, just a hint of color, agar lebih diterima sama kaum milenial. Sementara Avanza ya Avanza, yang seleranya cocok buat kaum baby boomers. he he he enggak deng :) Oia, Avanza tarikan belakang masih dijual kok nama tipenya E STD M/T sedangkan Avanza tarikan belakang transmisi matic yang pakai jeroan metal gear solid juga masih dijual dengan nama tipe E STD A/T. Harganya turun drastis 12 juta lho belum diskon showroom dan relaksasi PPnBM. Menarik gak guys? ho ho..
Xpander-Livina
Nissan-Mitsubishi bener bener serius menggarap pasar konsumen saat ini. Sangat fokus. LCGC gak bergerak? kill. Small SUV gak selling? kill. Kenapa? ya karena mereka nggak punya resources sebanyak pesaingnya. Jangan lupa, ada Hyundai pabrikan Korea yang agresif banget di lapangan. Salah strategi dikit, market share dicaplok habis habisan. Xpander ini menurut gw Indonesia banget, diracik di Indo, dirakit di Indo, dilaunching pertama kali di Indo taun 2017. Pengalaman jualan FWD 7-Seater dari Nissan Livina sejak 2006 digunakan sebaik baiknya di Xpander. Mitsubishi Indonesia sampai-sampai bikin Xpander AP4 versi rally untuk ngangkat derajat brandnya lewat tim balap internasional. Nah, akhir tahun 2021 ini Xpander operasi wajah lumayan banyak walopun belum bisa dibilang next-gen sih, tapi cukup nendang dengan tampilan T-shape LED lights yang baru. Mungkin bentar lagi Livina juga mukanya ikut operasi kecantikan, kita tunggu aja.
Nah terus bagus mana sama Avanza? wah.. ya kembali ke selera dan kebutuhan kita lah broo. Gue nggak bisa bilang Xpander lebih bagus atau sebaliknya. No...
Tapi setelah menerawang dari jauh, gue bisa beberin beberapa fakta yang mungkin bisa jadi pertimbangan ente;
Fakta 1: Avanza lebih laku dari Xpander.Biar gimana gimana emang Toyota-Daihatsu lebih banyak dibeli, enggak bisa menunjukkan kualitas juga sih, tapi produk yang laku biasanya lebih unggul dari produk yang kurang laku. Entah itu dari segi after sales, bunga kredit, kecepatan inden, yang mana malah kecil kaitannya dengan performa mobil itu sendiri.Fakta 2: Wheelbase Xpander lebih panjang dari AvanzaIni warisan yang gue terima dari jaman dahulu kala, wheelbase yang lebih panjang artinya jarak tapak kaki yang lebih besar menjanjikan kestabilan manuver lebih baik, lebih nyaman di kecepatan tinggi, dan ruang dalam yang lebih lapang. Ini dengan catatan semua variable teknis, metalurgi, dan teknologi sama dan sejenis ya. Faktanya wheelbase Xpander lebih panjang 25 milimeter dari Avanza, sehingga dimensi keseluruhan mobilnya pun lebih panjang hampir satu inci.Fakta 3: Torsi Xpander lebih besar dari AvanzaWalaupun tenaga mesin Avanza 1 PS lebih tinggi dari mesin Mitsubishi, torsi yang disemburkan lebih melimpah hingga 141 Nm. Sedangkan torsi Avanza 'hanya' 137 Nm. Selisihnya lumayan loh, se-motor bebek jadul lah wkwk.Fakta 4: Pintu bagasi Xpander menggunakan mekanisme elektrikMekanisme elektrik artinya kait pintu akan terbuka setelah menekan tombol elektrik, bukan tuas manual yang masih menggunakan kabel konvensional. Ya mungkin terlihat sangat sepele ya, tapi tuas elektrik memungkinkan pemasangan motor elektrik after-market untuk membuka tutup pintu bagasi, lengkap dengan sensornya. Tinggal ulurkan kaki ke kolong mobil, dan voila.. pintu bagasi bisa buka sendiri.
Kira-kira itulah empat fakta yang bisa gue kumpulin dari liat-liat mobil dari jauh. Ada yang bisa nambahin? coba share di kolom komen yahhh
p.s: Ertiga? kan baru naik kelas ke new-gen taun 2019, sejauh ini sih respon market kayaknya adem ayem aja yah.. gak seheboh dulu waktu generasi awal keluar. Nanti kali kalo polesan faceliftnya udah nendang baru gua ulas disini.. heheh :)
Comments
Post a Comment