Hidup itu pilihan


Halooouww apa kabar?

He he kangen juga gue nulis 

...aje gile ampir lupa ama caranya, tapi rasanya sih inget :p


Jadi ceritanya sejak taun 2018 gue punya "rumah kedua" di area wilayah kabupaten Jember, sebelah timurnya pulau Jawa. Dari sebelum the great Pandemi gw udah beberapa kali wira-wiri Jakarta - Jember pake berbagai macam cara. Naik pesawat, naik kereta api yang sekarang tambah nyaman, naik sepeda motorpun pernah. Terima kasih untuk pemerintah NKRI yang sekarang, bepergian dari barat ke timur Jawa makin kesini makin nyaman aja. 

Jarak Jakarta - Jember sejauh 780 km kalau ditarik garis lurus antara km 0 ke km 0, itu kalo kita superman. Kalo lewat jalur pantura sambil ngedisko di radio jaraknya sekitar 1000 km, kalo touring lewat jalur selatan jaraknya molor jadi sekitar 1200 km. ini karena, Jakarta itu terletak kurang lebih di sisi kiri atas pulau, sementara Jember itu di sebelah kanan bawah pulau, sebelum pojokan Banyuwangi ya. 

Metode tercepat untuk menempuh jarak itu adalah naik pesawat dari cengkareng (atau halim), turun di juanda, terus oper mobil rental jalan darat. Dulu.. tahun 2018 gue pake cara ini, rental Agya udah paling pas banget lewatin rute tapal kuda Jawa Timur, karena itu mobil paling lincah buat jalanan sini yang mayoritas sempit-sempit peninggalan rute jaman belanda. Biasanya gua berangkat first flight dan sampe rumah jam setengah dua belas siang. Dulu kan soalnya gue enggak punya banyak waktu.. paling nginep semalem pulang minggu. Pernah juga gak nginep. Soalnya esoknya harus kerja.  

Waktu punya cuti sedikit, kira kira pertengahan 2019, gua nyoba naik kereta. soalnya denger cerita-cerita hasil kerja keras PT KAI meng-upgrade layanannya menjadi lebih berkelas. gua naik travel dari Jember, nginep overnight di Surabaya terus naik Argo Bromo dari stasiun pasar turi ke Jakarta. gue kebayang memori jaman 90'an naik Argo Bromo jaman dulu yang udah superb sekali, dan ternyata memang kereta jaman sekarang jauh lebih nyaman dari yang dulu. Gerbong kereta buatan lokal PT INKA berbahan stainless memang gak lebih lebih redam, lebih stabil dan lebih bersih. kabinnya terasa lega dan terang, INKA bisa saja bikin gerbong bersekat seperti umumnya kereta di europe.. tapi tidak, gerbong Argo ini dibuat efisien moderen dan menghilangkan yang tidak perlu. Yang lebih yahud lagi, gue inget jaman taun 90an kereta ini suka kadang kadang berenti di tengah sawah, nunggu sinyal. sekarang enggak lagi.. relnya udah double track. berangkat pagi diiringi lagu "Surabaya di tahun empat lima" yang khas banget stasiun pasar turi, sore udah sampai stasiun gambir hari masih terang. laff bgt deh pokoknya. 

Selepas pensiun.. gua punya lebih banyak waktu. gue nyobain jalan santai lewat jalan Tol Trans Jawa. iya dong, masa bertahun tahun bayar pajak mulu, sekali kali nikmatin hasil pajak bole laah ya .. wkwk. gw nyetir sendiri Avanza matic jalan santai lari 120 sampe bosen. Berangkat jam 8 pagi sampai Solo jam 8 malam, abis kira-kira dua belas playlist soundcloud gue hehe. Gue stay overnight di Solo karena menurut gw disini pas setengah jalan, makanan di kota ini enak enak dan hotelnya juga bagus bagus. Mayan lah. Besokannya gue melanjutkan perjalanan jam 9 pagi dan sampai di Jember jam 5 sore. Gua coba untuk jalan konstan 120-140 di tol dan kalau diukur bensin full to full gue dapet 1:13,5 dari Jakarta ke Jember. total bayar tol dari Simatupang sampe exit Leces almost 700rb rupiah sekali jalan, bensin pertalite 3x ngisi full @250rb an rupiah, dan hotelnya 350 ribuan. 

Di lain kesempatan.. gua coba untuk jalan non-stop pake kendaraan tempur jalan tol: Mitsubishi Pajero, matic V6 bensin 3000cc normally-aspirated. enaknya pake mobil ini bisa pencet tombol cruise control dan dia akan manteng terus di kecepatan tertentu. nggak enaknya mobil manja ini minta bensinnya Pertamax Turbo, dan konsumsi bensinnya sangat jahanam. Informasi BBM/liter di MID rata rata 1:5 jadi setiap 300km gue harus isi full tank bengsin sultan. Jahanam. tapi memang, berangkat pagi jam 8 dari TB Simatupang, gw udah sampe semarang pas Ashar, Maghrib di Solo, sampe Surabaya kira kira jam 8 malem, dan sampe Jember sebelum jam 12 malem. cepat. hanya saja kalo liat damage costnya masih lebih bersahabat naik pesawat daripada naik jet darat ini. aslik gak worth bgt. 

Belajar dari pengalaman.. gua jalan lagi naik Avanza matic yang sama. kali ini gua ditemenin supir tembak, jadi gue bisa sangat santai terus gak perlu overnight di Solo. dan kali ini, gua mau coba jalan ngirit, artinya gak ngebut dan gak usah lewat tol kalo gak perlu. gue lihat di maps, jalur tol Trans Jawa itu sebenernya ngikutin jalur lawas aja, jadi kalo gue gak ngebut di tol ya sebenernya dari segi waktu gak beda jauh bedanya. cuma dari segi rupiah aja bedanya lumayan. Gue jalan sesuai dengan kecepatan maksimum dalam undang-undang 100kpj, selepas Cirebon gue keluar tol lewat jalan lama, sampe Kaliwungu gue masuk tol lagi. itu satu gate sebelum kota Semarang. terus keluar gate lagi di Boyolali. gue lewat jalan lama sampai Sragen gue masuk lagi ke tol. karena jalur dari Sragen sampai Mojokerto itu jalannya sempit dan truknya banyak. Mojokerto gue exit dan ambil jalur lama ke Pasuruan, soalnya jalur tolnya mengarah utara ke Surabaya, bukan ke timur. di Pasuruan gue masuk tol lagi dan exit di Leces. kalo laper gue makan, kalo ngantuk gue tidur. nyetir gantian. dan ternyata sodara sodara.. diukur full to full si Avanza minum bensin 'cuma' 1:18 (!!) ini konsumsi bahan bakar gue yang paling irit dari seluruh road trip gue, dan cuman 2x isi full tank pertalite (!). emejing kan? daaan bayar tol lebih hemat, gak sampe 500rebu. cuman ya.. total total gua jalan 21 jam non stop, lelahnya jangan tanya wkwk.

Bulan lalu... gue tiba tiba ada ide gila, gimana kalo nyobain naik motor? kenapa? ada masalah? he he.. gue berangkat pagi lewat Jonggol ke arah Bandung. gw emoh lewat jalur pantura, emang lebih cepet tapi viewnya statis gitu gitu aja ha ha.. sampe bandung pas jam 12 siang. sampe Ciamis jam 4 sore. nyetir santai aja, gak ada target waktu kok. harusnya gw nginep di pangandaran, tapi karena terlalu napsu gue maksain jalan terus dan nginep di Purwokerto. alhasil keburu gelap. tapi oke lah, PWT kotanya adem dan hotelnya apik-apik. Bangun pagi gue jalan jam 8 ke arah Kebumen lewat jalur Jalan Daendels yang terkenal lurus mulus sampe Jogja. terus ambil arah Gunung Kidul dan gw sampe Pacitan pas maghrib. nginep lagi gw semalem. Besok paginya gw ambil jalur baru arah Trenggalek terus aja lewat selatan sampe Malang udah sore. nginep lagi :) Besoknya jalan lagi lewat Bromo, turun ke Lumajang, dan sampe Jember sebelum jam 12 siang. Gimana bro, irit? 1:41 bro hohoho.. total bengsin sekitar 250 rebu, sekali isi full tank Avanza :) nginep di tiga hotel masih lebih murah dari bayar tol JORR sampe Leces hahaha. borosnya cuman buat makan ha ha ha. 

Akhirnya.. pada akhirnya gue berkesimpulan, semua itu hanyalah pilihan. Tol Trans Jawa (dan infrastruktur lainnya dari Sabang sampai Merauke) itu sebenarnya dibuat untuk konektivitas logistik agar produktifitas bangsa kita mampu bersaing. Euforia menyetir dari ujung barat ke ujung timur hanyalah kesenangan sesaat sama seperti halnya penduduk pulau Honshu atau pulau Britania ketika pertama kali pulau mereka terkoneksi jalan bebas hambatan. Kalau ingin cepat, pesawat udara masih menjadi metode perjalanan termurah tercepat paling safety saat ini. Dan apabila ingin menikmati perjalanan, menggunakan sepeda motor masih lebih nikmat daripada kendaraan roda empat apa pun. 

Demikian sekilas info.



p.s: kecelakaan maut yang menimpa alm BB dan almh VA pada tanggal 4 November 2021 mengingatkan kita semua betapa tingginya resiko kecelakaan di Jalan Raya termasuk jalan tol Trans Jawa dibandingkan dengan perjalanan dengan pesawat udara ataupun kereta api. kita harus menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab atas kendali kendaraan dalam perjalanan kita. 

Comments

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media