bahagia itu sederhana

Gue pegang prinsip dalam diri gue untuk punya WORK and LIFE balance, dan hasilnya luar biasa.

Baik WORK side maupun LIFE side gue sama sama giving me the exact amount of pressure.

Dan yang ngalah siapa? 

My sleep time 💁

#duh bahasa gue..  jaksel syndrome bat dah ah :)


idup gue asik. dan gue selalu bersyukur sama Tuhan bahwa gue dikasih idup yang asik. berangkatnya dari situ dulu, makin gue bersyukur- Tuhan kasi gue idup yang makin asik.

jangan iri dulu, asik disini bukan berarti lebih enak daripada idup lo.. wkwkwk. asik disini artinya pressure-nya juga asik bat dah ah. adaaa aja masalahnya. gue gak bilang idup gue lebih berat atau lebih ringan dari idup lo ya. tiap orang dikasih idup beda beda, dan tiap orang juga beda beda.

tapi akhirnya gue nemuin yang namanya inner-peace. waktu itu gue pikir, gue harus sayang sama diri gue sendiri. gue harus selametin diri gue sendiri. gimana gue bisa menyayangi orang lain kalau gue gak sayang sama diri sendiri? disitu titik balik idup gue, dan nemuin inner-peace. sekarang gue lebih bahagia, dan bahagia itu ternyata sederhana.

LOH GIMANA CARANYA BUB?

semesta yang tetiba kasih jalan gue buat ketemu dengan mbak cantik @Melitawaw disebuah rumah yang namanya Remedi. dan gue belajar banyak sekali dari si mbak tentang cara ngadepin masalah idup. yang lucu-lucu, yang dateng ke kita on daily basis, yang kadang suka berlarut, malah bikin kita jadi ikutan ngelucu.

si mbak cantik bilangnya begini; kalo kita nemu masalah, kita bisa memilih untuk memberi respond terhadap masalah itu, sebelum kita menyelesaikan masalahnya. nah pilihan kita merespond masalah itulah yang ngebedain manusia itu jadi happy atau miserable.

secara alami, kata si mbak, manusia cenderung memberi respond dengan cara 3R: React, Redirect, atau Repress. nah kalau mau happy, disaranin respond yang lebih keren dengan 3R: Reframe, Release dan Relax.

React or Redirect or Repress.

React

pada dasarnya manusia itu memang reaktif, bukan reaktor- itu nuklir. halah..

pemimpin universitas kalik.. reaktor.

bub, fokus..

ok, reactive itu wajar. no big deal. yang nggak wajar itu kalo udah dalam taraf dimana elo idup hanya untuk react. because reacting makes you look but not see, hear but not listen, and talk but you dont speak. lo baca email nih, cuman buat ngereply.. dengerin orang ngomong, cuman buat ngasih respons.. dan lo ngerespon dengan bicara, tapi gak lo gak speak up. jir, parah jaksel syndrome gue ternyata yak? 

terus gimana caranya kita menghindari being reactive? perluas wawasan. iya, kalo elo lagi ngaca terus ngerasa lo masih reaktif, berarti maen lo kurang jauh. he'eh. seiring dengan meluasnya wawasan kita, kedewasaan kita pun bertambah, lingkaran kepedulian kita melebar, pun hal-hal yang dapat kita kontrol pun bertambah. termasuk respond reaktif kita. coba deh.

Redirect

gue kalo lagi bete, suka terus menyendiri. introvert banget, iya. gue terus masang earphone, pasang playlist yang gue suka, kalo betenya banget gue baru pasang soundcloud. kadang sambil minum es coklat, kalo betenya berat banget gue nongkrong di hagen daaz. kalo lo pada suka liat gue di 108, abusing substances, kebayang kan bete gue udah sampe level mana.

itu namanya re-directing.

again, itu respond wajar. alami sekali. menyenangkan diri sejenak boleh. u bisa traveling, or u bisa step back sebentar, keluar dari suasana yang menyesakkan dada. yang gak wajar adalah, lupa balik lagi. kadang kita keenakan menghindar, terus lupa balik.. jadi pelarian deh. dari kenyataan. terus dijulitin. tambah bete.. wkwkwk

kan disini udah ditulis, kalo lo melarikan diri, nanti lo akan kebiasaan- numpukin masalah, lo jadi tumpul, gak bisa take decision, makin sering lo hadepin masalah, makin tajem dan makin cepet lo ambil keputusan. lo mau redirect boleh, tapi jangan lupa balik lagi- after you find your mood back, make respond.  

Repress

dulu gue seneng sekali memendam perasaan, mungkin sampe sekarang kali ya? tapi udah jarang. mendem perasaan itu paling enak sambil dengerin lagu sendu, nampol men. ya ga pa pa, gak semua orang suka filem eksyen kan? ada juga yang doyan drama.

yang gw dulu gak sadar, adalah, rasa yang gue pendem itu gak akan ilang. dia kependem aja, ketutup, tapi gak ilang. soalnya dia perasaan, bukan mayat. wkwk. nah dalam usaha menutupi rasa itu, dibawah sadar kita auto nyalurin sedikit energi kita untuk nutupin. istilah kata RAM kite kepake dikit buat mendem. itu kalo dikit yang dipendem.. kalo banyak? bisa keluar jam pasir uwer-uwer ye gak.

terus gimana caranya menghindarin jadi represif sedangkan bangsa kita sebagai bangsa ketimuran sesungguhnya adalah represif dari lahir? ahaha.. selaw. lo bisa venting out perasaan yang gak guna itu, lewat channel lain yang lebih 'ketimuran'. yang penting dalam venting out itu harus bisa benar benar menyalurkan emosi yang terpendam. nulis misalnya, atau bermusik.. nyanyi karoke sampe naik naik meja. atau kalo misalnya emosinya besar, coba cari penyaluran di aktivitas yang menguras energi, muaythai misalnya.. atau olah raga ekstrim lainnya.

Reframe > Release > Relax

si mbak cantik menganjurkan untuk ngambil cara ini, daripada tiga respond diatas. dalam order yang berurutan seperti itu, jangan kebalik balik..

Reframe

kalau hari ini misalnya, elu ketemu sama seseorang yang pendiam, didalem workshop diem aja, gak ikut kontribusi, cuman nyatet nyatet dan nyatet, liatnya elu kesel gak? sebenernya semesta lagi ngirim elu kaca cermin raksasa. coba ngaca deh, mungkin elu begitu.. gak kontribusi, nyusahin yang lain. cuman karena selama ini lo jadi pelaku, lo gak akan ngerasa lo adalah pelaku. lo akan selalu merasa jadi penderita.

orang kalo ngorok, yang ngerasa dia ngorok.. kan orang lain, yekan? ya gitu, sama halnya dengan orang kalo bego, yang ngerasain orang lain- 

nah, kalo lo merasa jadi penderita, lo coba inget inget lagi apakah lo pernah jadi pelaku. mungkin kemarin, mungkin minggu lalu, mungkin ada pernah jaman dulu-dulu. 

gue selama ini selalu ngerasa jadi penderita, berulang kali mencintai seseorang yang tidak mencintai gue. sakit kan? sakit. tapi kalo di-reframe, berarti gue pernah melakukan hal yang sama kepada orang lain ya? cetarrr! karma dong? ya maap... he he

kalau kita sanggup ngasih respond reframing kayak begini, kita bisa ngerasain ikhlas. iya, dengan ikhlas, kita mampu berpikir jernih, dan ngadepin masalah dengan kepala dingin.

Release

kalo udah ikhlas, kita harus lepas. lepasin attachment diri lo sama masalahnya. bukan lari ya, harap bedain. lo lepasin masalahnya dari diri lo, sedihnya, marahnya, galaunya, dendam, feeling guilty, mumet, semua. disini lo bisa bedain apakah lo bagian dari masalahnya atau lo bagian dari solusinya. lo bisa rasain, mana perasaan yang penting dan mana perasaan yang gak guna.

kalo gak guna? buang. tanya sama diri lo sendiri, bisa gak lo buang perasaan yang gak penting itu. kalo misalnya bisa, tanya lagi.. mau gak lo lepas itu perasaan? jujur... mau gak? kalo memang mau.. kapan? sekarang atau nanti? diri lo sendiri yang akan menjawab, jangan dipaksa. kalo dia sudah menjawab, say thank you. ini penting.

lucunya, si masalah itu akan tetap berdiri tegak didepan lo, gak akan otomatis ilang dengan sendirinya. tapi lo akan lebih kuat ngadepinnya. you will be stronger. kayak ngerasa semua masalah jadi cemen. artinya lo udah naik level, naik kelas kehidupan.

jangan salah, akan dateng problem yang lebih gede lagi. kan udah naik kelas.

Relax

kalo paradigma lo melihat masalah sudah berganti sudut, perasaan yang gak penting udah kebuang, emosi lo terkontrol stabil, dan rasa ikhlas merambat hangat di hati lo... lo akan tenang. fokus. relax. 
 
ini esensi dari khusyuk.

dan do'a yang khusyuk adalah sebaik baiknya do'a. pray, not wish. beda loh. dan jangan lupa, gak ada yang gak bisa dicapai di dunia ini dengan usaha dan do'a. lo juga jadi makin yakin, soalnya the result is already yours. whatever bentuknya. tinggal ngejalanin aja.

kalo udah begini idup lo lebih senang, idup senang kan bikin hati bahagia.

asyik kan?

ps:
*gambar diambil dari sini
*big thanks buat Ayu yang udah bela-belain nolongin akyuu :)



Comments

  1. BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014


    Ayo Segera Bermain Sabung Ayam Online Di HP

    Dapatkan Bonus Cashback Up TO 10% !!!
    Juga Bonus Deposit IDR 500.000 !!! Hanya Di Agen Terpercaya www. b-o-l-a-v-i-t-a .fun

    Sabung Ayam S128 | SV388 | Kungfu Chicken

    Info Lengkap Hubungi Customer Service Kami ( 24 JAM ONLINE ) :

    BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
    WeChat: B-O-L-A-VI-T-A
    WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5
    Line : cs_b-o-l-a-v-i-ta

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media