tentang patah hati


berani jatuh cinta ya harus berani patah hati. gitu katanya para tetua jaman dulu.

rasanya kayak nggak fair ya, idup udah sulit gini mbok ya yang asik asik aja.. yang sucks nggak usah ikutan gitu deh kan. tapi jangan kuatir bosqu, kita semua dapetnya sepaket komplit. namanya juga idup, kadang manis kadang tragis, yekan. kadang malah kaga manis tau tau tragis.

iya


faktanya, dalam hidup kita ini orang datang dan pergi. kita nggak bisa ngelarang orang untuk datang dan kita gak bisa ngelarang orang untuk pergi. seberapapun saktinya dirimu, Tuhan hanya lebih sakti darimu. dan Dia-pun maunya begitu. sederhana, kan?
 
ho'oh

pas tu orang datang, kita merasa senang. dan pas tu orang pergi, kita kehilangan. sedih, gumun, kecewa. gak harus seseorang aja sih, kehilangan apa pun itu meninggalkan rasa, bisa benda, bisa tempat (biasa) tinggal, bisa pekerjaan, bisa macem-macem. menurut pengalaman gue, kehilangan paling dalem menyiksa itu kehilangan harapan. gue baru sadar bahwa tanpa yang namanya asa, manusia itu bisa mati, atau hilang arah, mana yang lebih dulu. 

yang kebanyakan orang tidak tahu, rasa sedih karena kehilangan itu bisa cepat hilang. 

AH YANG MASA BUB???

  • punya gue udah berbulan bulan gak ilang?? - ya soalnya gak lu selesein..
  • sumpah gue punya gak bisa ilang!! - ya soalnya lu lupain, mana bisa ilang...
  • masalah gue besar bub, gak cemen kayak punya lo!!! - tergantung besar kecilnya niat lo nyelesein..

kalem :)

lo lo orang pada tau kan five stages of grief? gugel deh ntar nongol kok.

ntah siapa yang nulis gue gak mau cari tau juga, bilang kalo rasa sedih itu sebenernya ada lima fase.
  1. Denial
  2. Anger
  3. Bargaining
  4. Depression
  5. Acceptance
lo cuma bisa jalan maju ke fase berikutnya (MOVING ON) atau lo berenti di satu fase aja (HOLD STILL), dan dari situ lah asal muasal kata move on. 

lo gak bisa jalan mundur, ataupun loncat loncat dari nomer 4 ke nomer 2 atau dari nomer 1 loncat ke nomer 4. kagak bisa. kecuali kalo nama lo berakhiran SWT, si pembuat aturan ini. wkwkwk. 

lo bisa jalanin satu ke lima dalam dua hari, atau lo stuck di satu sampai dua tahun. lo bisa jalanin semuanya, atau lo bisa milih untuk melarikan diri dan tinggalin masalahnya. 

gue pernah stuck di denial selama 8 tahun, gue juga pernah coba lupain dan tinggalin selama 2 taun. 

it just didn't work.

malah kalo lo lari- nanti lo kebiasaan, hasilnya numpuk deh, grief demi grief, denial satu lo tumpuk sama denial lain.

kasian diri lo, gak happy. padahal lo udah nuntut banyak dari diri lo sendiri. 

DENIAL

pertama lo akan shock. kaget. helah dalah. terus gak terima deh. denial tuh namanya. badan lo, pikiran lo, apalagi hati lo akan berusaha untuk bertahan di kondisi nyaman sebelom kejadian. mulai timbul gap antara elo sama realitas. halu tapi bukan halusinasi. sedih pastinya. gak pa pa, itu wajar. justru kalo enggak begitu malah gak wajar. bae bae gila, mendingan periksa deh ke dokter jiwa.

berikutnya baru kerasa sakit. pelan tapi pasti, makin lama makin sakit. sekali lagi, itu wajar. kalo enggak kerasa, berarti gak wajar. cek dokter dah, hahaha. coba kalo lo sekali kali nongkrong di ugd rumah sakit deh, banyak orang kesakitan kan? tiap orang beda beda cara ngerasain sakitnya, ada yang nangis, ada yang meringis, ada yang ling-lung, ada juga yang mukanya lempeng kayak gak kenapa napa. disini saran gua, pentogin. peres abis. semua momen akan bikin sedih,  ngeliat jalan rumahnya dia, nangis. masuk jam biasa ketemu dia, nangis. namanya orang galau yak.. dibecandain aje malah nangis.

saran gue disini, abisin cepet. jangan cuman dengerin lagu-lagu sendu sambil gegoleran. lo butuh saraf motorik lo bekerja juga dalam mengekspresikan emosi lo ini. lo bisa nulis tangan tentang kesedihan lo, bisa ngelukis, maen gitar lebih endess.. mau lebih cepet? muaythai deh, abis itu manjat tiang bendera. siapa tau lo terus diajak ke istana salaman ama presiden.

ANGER

begitu emosi mulai abis, lo akan mulai ngerasain marah pelan pelan timbul. kayak jalaran sulur ubi rambat, pelan pelan akan bikin hati anget, terus panas. jangan dilawan, ini pertanda bagus, artinya lo siap untuk move ke fase ini. ada yang lambat prosesnya, ada yang cepet nyampe sini. biasanya sehari hari dia emang panasan kali.

jangan belibet, di awal fase ini rasa sedih sama marah bercampur. sebaiknya lo pisahin, jangan dicampur, dan abisin rasa sedihnya dulu baru kobarin rasa marahnya. inget, di fase ini dilarang mengambil keputusan apapun.

Choices made in anger cannot be undone!

BARGAINING

sedihnya udah abis, amarahnya udah abis, kepala dingin dong. waktunya untuk negosiasi sama kenyataan. fase ini berbahaya sebenarnya, banyak orang yang nyampe posisi ini malah salah arah, lari ke alcoholics atau workaholics, apalagi shopaholics. boncos nanti.

fase ini gampang banget untuk exit. karena kepala lo dingin. lo bisa lari ke narkoba disini tapi inget kata kata gue diatas, sekali lo exit disini.. masalah gak akan kelar. lo akan kebiasaan numpuk denial denial yang lain. rusak deh hidup lo. masih bagus kalo diri lo bisa maafin lo nantinya, kalo enggak lo bisa end up commit suicide.

saran gue disini, coba bicara baik baik sama realita. ketemu ditengah, siapa aja boleh mengalah, yang pasti take action. pindah tempat tinggal kalo perlu, pindah kota boleh. minggat boleh. yang penting take decision. do whatever necessary, the most important thing is you win this negotiation with reality.

DEPRESSION

setelah settle dengan hasil negosiasi, lo akan ngerasain depresi. rasa tertekan karena memang reality sucks. waktu gue kehilangan papi, gue ngendon di fase ini selama bertahun tahun. ya mau diapain lagi, realitanya- gue sayang sama papi, walaupun selama hidup gue selalu berseberangan sama dia. ya lemesin aja. meditasi bisa ngebantu banget. meditasi itu kan sebenernya do'a. mendekatkan diri sama Tuhan juga banyak akan ngebantu fase demi fase.

kenapa Tuhan? kenapa gak alkohol aja sih? karena ini semua Tuhan yang buat, lo semua cuman minjem. hati lo itu punya Tuhan, bukan punya lo.. lo cuman minjem dari Dia. nyawa lo itu baru punya lo, ruh, atau soul kalo kata orang bule. lo cuman bisa minta agar fase ini cepet abisnya. 

ACCEPTANCE

witing tresno jalarane soko kulino, begitu lo terbiasa idup dari fase depresi mulai merambat lah rasa ikhlas. hati mulai diliputi sulur sulur kelegaan. yang tadinya gak terima jadi terima. jadi suka senyum senyum sendiri pas bangun tidur, atau lagi ngaca cekikikan sendiri. itu wajar, lo enggak gila. kalo udah gini hati lo siap untuk mulai lagi. jangan cepet puas, lo cari lagi bekas bekas denial yang lain, fase fase bekas tumpukan anger yang lain, dibuka satu satu. terus dilepas. usahain sampe tuntas semua nyampe ke fase ini.

jangan lupa, setelah nyampe di fase ini- berterima kasih lah sama diri lo sendiri. udah mau capek capek sampe sini dan nggak ngendon di satu fase terus. apalagi sampe melarikan diri dari proses ini.

ini kunci hidup bahagia. bukan cuma harta.

lo bisa jalanin ini semua dalam seminggu dua minggu, atau lo bisa kelarin bertahun tahun.

pilihan ada di elo.

choose life.



Comments

  1. BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014


    Ayo Segera Bermain Sabung Ayam Online Di HP

    Dapatkan Bonus Cashback Up TO 10% !!!
    Juga Bonus Deposit IDR 500.000 !!! Hanya Di Agen Terpercaya www. b-o-l-a-v-i-t-a .fun

    Sabung Ayam S128 | SV388 | Kungfu Chicken

    Info Lengkap Hubungi Customer Service Kami ( 24 JAM ONLINE ) :

    BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
    WeChat: B-O-L-A-VI-T-A
    WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5
    Line : cs_b-o-l-a-v-i-ta

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

review toyota altis vs honda city

komparasi boeing 737-900ER vs 737-800NG

tentang media